Metal Detector Kini Dipasang di Pintu Masuk Gedung DPR AS

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 09:58 WIB
Pemasangan metal detector (AFP Photo)
Foto: Pemasangan metal detector di Gedung DPR AS (AFP Photo)
Washington DC -

Metal detector kini dipasang di pintu masuk Gedung DPR AS untuk pertama kalinya sebagai tanggapan atas kerusuhan pekan lalu. Pemasangan ini juga diterapkan setelah seorang anggota Partai Republik mengatakan dia akan membawa senjatanya ke Kongres.

Dilansir AFP, Rabu (13/1/2021) magnetometer telah digunakan selama bertahun-tahun di semua pintu masuk pengunjung dan staf ke gedung Capitol AS atau gedung Kongres dan banyak gedung federal lainnya.

Tetapi anggota parlemen diizinkan melewati pemeriksaan keamanan itu asalkan mereka memakai pin kongres mereka.

Namun kebijakan ini berubah pada Selasa (12/1), menjelang pemungutan suara DPR AS yang membahas potensi pemecatan Presiden Donald Trump dari jabatannya. Keputusan itu dibuat oleh Sergeant-at-arms DPR AS, yang bertanggung jawab atas seluruh layanan pendukung di DPR AS, termasuk menyediakan komputer, perlengkapan dan layanan perbaikan dan keamanan di DPR AS.

"Untuk menyediakan lingkungan yang aman dan terjamin untuk menjalankan bisnis legislatif, efektif segera, semua orang, termasuk anggota, diwajibkan menjalani pemeriksaan keamanan saat memasuki ruang DPR," kata Plt Sergeant-at-Arms Timothy Blodgett dalam pernyataannya.

"Kegagalan untuk menyelesaikan screening atau membawa barang terlarang dapat mengakibatkan penolakan akses ke ruangan," lanjutnya.

Tonton video 'Dua Polisi AS Diskors, Diduga Terlibat Kerusuhan di Capitol':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2