China Akan Beri Sejumlah Vaksin Corona Secara Gratis ke Myanmar

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 18:28 WIB
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination.
Ilustrasi (iStock)
Naypyitaw -

Otoritas China akan memberikan sejumlah vaksin virus Corona (COVID-19) secara gratis kepada Myanmar. Hal ini diumumkan saat Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, merampungkan kunjungan dua hari ke Myanmar pada awal pekan ini.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (12/1/2021), kebijakan China untuk memberikan satu batch vaksin Corona secara cuma-cuma kepada Myanmar itu diumumkan oleh Kementerian Luar Negeri China dalam pernyataannya pada Selasa (12/1) waktu setempat.

"China akan terus menyediakan material anti-epidemi sesuai kebutuhan Myanmar," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri China.

"Kami akan memberikan satu batch (vaksin) virus Corona secara gratis dan akan melanjutkan diskusi tentang kerja sama vaksin," imbuh pernyataan tersebut.

Disebutkan juga bahwa saat Menlu Wang bertemu panglima tertinggi militer Myanmar, Jenderal Senior Min Aung Hlaing, dia meminta dukungan militer untuk Koridor Ekonomi China-Myanmar.

Koridor yang dimaksud merupakan sebuah jaringan -- sebagian sudah ada dan sebagian masih direncanakan -- untuk proyek transportasi dan infrastruktur lainnya yang melintasi daerah-daerah di mana faksi etnis minoritas saling berkonflik dan bertempur dengan pasukan pemerintah.

Pertempuran di wilayah Myanmar bagian timur laut seringkali memicu para pengungsi kabur melewati perbatasan ke wilayah China.

Setelah mengunjungi Myanmar, Menlu Wang akan melanjutkan kunjungan ke Indonesia, Brunei dan Filipina sebelum kembali ke China pada 16 Januari mendatang.

(nvc/ita)