10 Ilmuwan WHO Akan Tiba di China untuk Periksa Asal-usul Corona

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 11 Jan 2021 17:11 WIB
Travelers wearing face masks to protect against the coronavirus walk along a concourse at the Shanghai Hongqiao International Airport in Shanghai, Friday, Nov. 6, 2020. With the COVID-19 outbreak largely under control within its borders, air travel in China has mostly returned to pre-pandemic levels. (AP Photo/Mark Schiefelbein)
Foto: Corona di China (AP Photo/Mark Schiefelbein)
Jenewa -

Sepuluh ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan mengunjungi China mulai Kamis (14/1/2021) untuk menyelidiki asal-usul COVID-19. Penyelidikan ini dilakukan di tengah tuduhan upaya China untuk menutupi kasus ini.

Dilansir AFP, Senin (11/1/2021) misi yang telah lama ditunggu-tunggu ini memiliki signifikansi politik yang besar pada saat pandemi virus Corona telah menghancurkan dunia, yang menyebabkan hampir dua juta kematian, dan membuat ekonomi global terhenti.

"Tim WHO akan melakukan kerja sama penelitian bersama tentang asal-usul COVID-19 dengan para ilmuwan China," kata Komisi Kesehatan Nasional dalam sebuah pernyataan yang tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Penundaan pada menit-menit terakhir misi awal bulan ini membuat China mendapat teguran langka dari WHO.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan dia "sangat kecewa" saat China tidak mengizinkan masuknya tim tersebut - terutama karena dua anggota sudah dalam perjalanan.