Denmark Desak Warganya Tinggal di Rumah Cegah Penularan Virus Corona Baru

ADVERTISEMENT

Denmark Desak Warganya Tinggal di Rumah Cegah Penularan Virus Corona Baru

Dwi Andayani - detikNews
Rabu, 06 Jan 2021 05:25 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Denmark memperkuat pembatasan dan mendesak warganya untuk tetap berada di rumah. Hal ini dilakukan guna mencegah penularan virus Corona baru dari Inggris.

Dilansir AFP, Rabu (6/1/2021) pemerintah telah melakukan penguncian parsial sejak pertengahan Desember. Pemerintah Kopenhagen juga akan melarang pertemuan lebih dari lima orang serta meminta orang untuk tetap menjaga jarak sejauh dua meter.

"Tinggallah di rumah sebanyak yang Anda bisa, jangan bertemu orang di luar rumah Anda, orang-orang yang dekat dengan Anda," kata Perdana Menteri Mette Frederiksen pada konferensi pers.

Selain itu pemerintah juga memberlakukan aturan bekerja massal dari rumah dan penutupan sekolah, bar, restoran, dan sebagian besar toko. Langkah-langkah baru ini akan berlaku mulai Rabu.

Aturan ini disebut akan berlaku hingga 17 Januari. Namun, Frederiksen memperingatkan bahwa aturan bisa diperpanjang dan dilakukan jam malam bila tidak terjadi penurunan kasus.

"Sebagai upaya terakhir," tuturnya.

Kepala polisi nasional Thorkild Fogde meminta warga untuk mempertimbangkan kembali sebelum pergi ke luar rumah.

"Setiap orang harus berpikir dua kali sebelum keluar dari pintu mereka," kata Thorkild Fogde.

Otoritas Inggris percaya jenis virus Corona baru jauh lebih menular daripada COVID-19 biasa, dan Denmark telah adanya 86 orang yang terinfeksi.

(dwia/dwia)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT