Kapal Tanker Korea Selatan Disita Iran, ABK WNI Ditahan

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 05 Jan 2021 13:35 WIB
Jakarta -

Korps Garda Revolusi Iran menyita sebuah kapal tanker berbendera Korea Selatan (Korsel) di perairan Teluk dan menahan para awaknya. ABK warga negara Indonesia termasuk di antara mereka yang ditahan.

Pemerintah Korsel mengkonfirmasi penyitaan sebuah kapal tanker kimianya oleh otoritas Iran di perairan Teluk. Seoul pun menuntut pembebasannya segera.

Beberapa outlet media Iran, termasuk TV pemerintah, mengatakan angkatan laut Garda Revolusi Iran menangkap kapal tersebut karena mencemari Teluk dengan bahan kimia.

"Menurut laporan awal oleh pejabat lokal, ini murni masalah teknis dan kapal dibawa ke pantai karena mencemari laut," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh seperti dikutip televisi pemerintah seperti dilansir kantor berita Reuters, Selasa (5/1/2021).

Kantor berita semi-resmi Iran, Tasnim mempublikasi foto-foto yang menunjukkan speedboat milik Garda Revolusi mengawal kapal tanker HANKUK CHEMI, yang dikatakan membawa 7.200 ton etanol.

Para awak kapal yang ditahan termasuk warga negara Korea Selatan, Indonesia, Vietnam dan Myanmar. TV pemerintah Iran mengatakan kapal tanker itu ditahan di kota pelabuhan Bandar Abbas, Iran.