Terus Bertambah, Jerman Catat 12 Ribu Kasus Corona Sehari

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Sabtu, 02 Jan 2021 17:34 WIB
Tekan Laju Infeksi Corona, Jerman Akan Berlakukan 1 Bulan Lockdown Parsial
Foto: Kasus Corona di Jerman (DW News)
Berlin -

Jumlah kasus virus Corona yang dikonfirmasi di Jerman meningkat 12.690 kasus, sehingga totalnya menjadi 1.755.351 kasus. Data ini adalah laporan Robert Koch Institute (RKI) per hari Sabtu (2/1).

Dilansir Reuters, Sabtu (2/1/2021), selain penambahan kasus tersebut, kematian akibat Corona dilaporkan bertambah 336 kematian, menjadi 33.960 kematian sejauh ini.

Sebelumnya, Kanselir Jerman Angela Merkel dalam sambutan akhir tahunnya menyebut krisis virus Corona "bersejarah" Jerman akan berlanjut hingga 2021, meskipun vaksin bisa membawa harapan.

Sambutan itu disampaikan oleh Merkel pada Kamis (31/12) waktu setempat. Merkel juga mengecam teori konspirasi yang diajukan oleh para skeptis sebagai tindakan yang tidak hanya "salah dan berbahaya" tapi juga "sinis dan kejam" terhadap mereka yang menderita selama pandemi.

"Hari-hari ini dan minggu-minggu ini... adalah masa-masa sulit bagi negara kita," kata Merkel memperingatkan. "Dan itu akan bertahan untuk sementara waktu."

Berbicara dalam pidato Tahun Baru terakhirnya sebagai kanselir setelah empat masa jabatan, pesan Merkel menyampaikan pesannya soal bahaya pandemi.

"Musim dingin tetap sulit," katanya. "Tantangan yang ditimbulkan pandemi tetap besar."

Merkel berterima kasih pada sebagian besar orang Jerman yang telah mematuhi pembatasan keamanan yang diberlakukan oleh pihak berwenang untuk mencoba memeriksa penyebaran virus Corona.

Selanjutnya
Halaman
1 2