Yordania Pesan 1 Juta Dosis Vaksin Pfizer-BioNTech

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 29 Des 2020 03:29 WIB
FILE - In this Nov. 9, 2020, file photo, a general view of Pfizer Manufacturing Belgium in Puurs, Belgium. Pfizer and BioNTech say theyve won permission Wednesday, Dec. 2, 2020, for emergency use of their COVID-19 vaccine in Britain, the world’s first coronavirus shot that’s backed by rigorous science -- and a major step toward eventually ending the pandemic.(AP Photo/Virginia Mayo, File)
Ilustrasi vaksin Pfizer-BioNTech (Foto: AP/Virginia Mayo)
Jakarta -

Yordania memesan satu juta dosis vaksin Pfizer-BioNTech. Kementerian Kesehatan Yordania memperkirakan pengiriman perdana vaksin tersebut akan dilakukan pada akhir Januari atau awal Februari 2021.

"Yordania akan menerima satu juta vaksin dari Pfizer-BionNTech dengan cicilan mulai Januari atau awal Februari," kata Menteri Kesehatan Nazir Obeidat dilansir dari AFP, Selasa (29/12/2020).

Nazir mengatakan di tahap awal Pemerintah Yordania tengah berupaya menyediakan vaksin untuk 20 persen penduduk. Saat ini, jumlah penduduk Yordania sekitar 11 juta orang.

"Yang berarti cukup untuk 2,2 juta warga," katanya.

Pemerintah Yordania telah menyetujui untuk menggunakan vaksin Pfizer-BioNTech untuk mencegah penularan virus Corona. Kepastian untuk menggunakan vaksin tersebut diumumkan pada pertengahan Desember 2020 lalu.

Sebagai tanda keseriusan, Pemerintah Yordania meluncurkan website untuk warganya yang ingin divaksin. Warga yang menjadi priorittas untuk divaksin itu yakni petugas kesehatan, berusia di atas 60 tahun atau menderita penyakit kronis.

Jumlah kasus Corona di Yordania saat ini tercatat sebanyak 289.748 orang. 3.778 di antaranya meninggal dunia.

(man/man)