10 Aktivis Hong Kong Pro-demokrasi Ditangkap, Bakal Diadili di China

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 27 Des 2020 15:07 WIB
Hong Kong pro-democracy activist Joshua Wong displays a bail paper outside the Central Police Station in Hong Kong, Thursday, Sept. 24, 2020. Wong said he was arrested again Thursday for allegedly participating in an unauthorized assembly last October. (AP Photo/Vincent Yu)
Foto: Ilustrasi kantor polisi Hong Kong (AP/Vincent Yu)
Hong Kong -

Sepuluh dari 12 aktivis pro-demokrasi Hong Kong yang ditangkap ketika mereka mencoba melarikan diri dari wilayah itu dengan speedboat ke Taiwan akan diadili di China. Mereka akan diadili pada pada 28 Desember.

Dilansir dari AFP, Minggu (27/12/2020) kerabat para tahanan telah diberitahu oleh pengacara yang ditunjuk pemerintah China bahwa sebuah video persidangan akan berlangsung Senin (28/12) sore di Pengadilan Rakyat Distrik Yantian di kota selatan Shenzhen, menurut kelompok kampanye Save 12 HK Youths.

China memiliki sejarah mengadili para pembangkang sekitar periode Natal dan Tahun Baru untuk menghindari pengawasan Barat.

Dalam video sidang, terdakwa muncul dari pusat penahanan alih-alih pergi ke pengadilan, jelas Lu Siwei, seorang pengacara hak asasi manusia China yang menangani kasus ini.

Keluarga para tahanan meminta pihak berwenang China untuk menyiarkan langsung persidangan, karena mereka tidak mungkin dapat hadir mengingat persyaratan karantina COVID-19 saat ini di Shenzhen. Mereka juga meminta untuk mengizinkan perwakilan, pengacara, reporter, dan diplomat mereka untuk hadir di persidangan.

Kelompok itu - yang termuda baru 16 tahun - ditangkap oleh penjaga pantai 70 kilometer (40 mil) tenggara Hong Kong pada 23 Agustus, sebelum dipindahkan ke polisi di Shenzhen. Mereka dituduh atas tuduhan terkait dengan melintasi perbatasan secara ilegal.

Selanjutnya
Halaman
1 2