Round-Up

Klaim Berhasil China Jelang WHO Selidiki Asal Usul Corona

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 27 Des 2020 05:01 WIB
Ilustrasi bendera China/ebcitizen.com
Ilustrasi (Foto: Internet/ebcitizen.com)
Jakarta -

China memuji keberhasilan negara mereka dalam menangani pandemi Corona. Klaim itu datang jelang Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyelidiki asal usul COVID-19.

Para pimpinan Partai Komunis China itu menyebut pemerintah "sangat luar biasa" dalam menangani wabah virus Corona di dalam negeri. Kritikan daru luar negeri pun tertuju ke China atas penanganan awal virus yang muncul di Wuhan Desember 2019, tahun lalu.

Dilansir kantor berita AFP, Sabtu (26/12/2020) badan pembuat keputusan teratas Partai Komunis, Politbiro China mengatakan bahwa kepemimpinan partai "memainkan perang yang menentukan dalam memimpin China dalam mengatasi risiko dan tantangan langka tahun ini". Pernyataan itu disampaikan pada Jumat (25/12) waktu setempat.

Pernyataan itu menyebut bahwa pihaknya mengambil langkah panjang dalam keadaan kritis. Serta mengaku mencapai kemuliaan yang sangat luar biasa saat pendemi.

"Pada saat kritis ... Komite Sentral Partai mengambil pandangan jangka panjang ... mencapai kemuliaan yang sangat luar biasa di tahun yang sangat tidak biasa ini," lapor kantor berita resmi China, Xinhua, mengutip pernyataan yang dikeluarkan setelah pertemuan dua hari itu.

Sebagian besar China telah berhasil menekan penyebaran COVID-19. China pun menjadi salah satu negara ekonomi besar yang melaporkan pertumbuhan ekonomi tahun ini.

Namun demikian, China dituduh menutupi awal wabah dan berkontribusi pada penyebaran virus Corona secara internasional.

Pertemuan Politbiro yang berlangsung selama dua hari itu digelar tak lama menjelang tim internasional ahli WHO diperkirakan tiba di China untuk menyelidiki asal-usul COVID-19, selama perjalanan mereka mengunjungi Wuhan.

Selanjutnya
Halaman
1 2