Jurnalis Terkemuka Turki Divonis 27 Tahun Penjara terkait Terorisme

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 23 Des 2020 16:08 WIB
Can Dundar (AFP Photo)
Foto: Can Dundar (AFP Photo)
Istanbul -

Jurnalis terkemuka Turki, Can Dundar, dijatuhi hukuman lebih dari 27 tahun penjara oleh pengadilan pada Rabu (23/12) waktu setempat. Dia dinyatakan bersalah telah mendukung terorisme dan melakukan 'spionase militer atau politik'.

Dilansir AFP, Rabu (23/12/2020), pengadilan di Istanbul menghukum Dundar dengan 18 tahun 9 bulan penjara karena mendapatkan rahasia negara untuk tujuan spionase politik atau militer. Pengadilan juga menjatuhkan hukuman tambahan 8 tahun 9 bulan penjara karena mendukung organisasi teroris bersenjata.

Dundar berada dalam pengasingan di Jerman. Mantan pemimpin redaksi surat kabar oposisi Turki itu, Cumhuriyet, itu pun diadili secara in-absentia.

Hakim pengadilan Caglayan di Istanbul menjatuhkan putusan ini meskipun tim pembela tidak hadir. Dalam tanggapannya, pengacara Dundar mengatakan mereka tidak menghadiri sidang terakhir dan mengecam tuduhan terhadap kliennya sebagai bermotif politik.

"Kami tidak ingin menjadi bagian dari praktik untuk melegitimasi keputusan politik yang telah diputuskan sebelumnya," kata pengacara Dundar dalam pernyataan tertulis pada hari Selasa (22/12), menjelang sidang.

Pengadilan setempat menunda sidang putusan awal bulan ini setelah pengacara Dundar meminta agar hakim diganti untuk memastikan persidangan yang adil. Pengadilan menolak permintaan tersebut.

Tonton video 'Kelompok Teroris Aktif di Media Sosial Selama Pandemi':

[Gambas:Video 20detik]



Siapa Can Dundar? Silakan klik halaman selanjutnya.