Round-Up

Deretan Rekor Ngeri di Berbagai Negara Saat Corona Menggila

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 18 Des 2020 21:02 WIB
Poster
Gambar ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Virus Corona kembali mengganas hingga mencetak di rekor di berbagai negara. Asia, Eropa, hingga benua Amerika pun mengalaminya.

Kasus Corona di seluruh dunia saat ini sudah mencapai lebih dari 75 juta kasus. Lebih dari 1,6 juta orang meninggal dan 42 juta lainnya sembuh dari virus ini.

Sejumlah negara sudah sempat berhasil menekan angka penularan Corona hingga melonggarkan pembatasan. Namun, 'lockdown' kembali terpaksa harus diberlakukan lagi karena Corona kembali menggila.

Dalam beberapa waktu terakhir, Corona mencetak rekor di sejumlah negara. Berikut rangkumannya:

Tokyo, Jepang

Otoritas Tokyo mencetak rekor baru dengan mencatat lebih dari 800 kasus baru Corona dalam sehari. Sejumlah RS di Tokyo, Jepang, berjuang untuk memberikan perawatan rutin seiring terjadinya lonjakan tajam ini.

Seperti dilansir AFP, Jumat (18/12/2020), otoritas Tokyo meningkatkan level kewaspadaan bagi tekanan layanan medis ke level empat yang merupakan level puncak dalam sistem peringatan COVID-19. Ini merupakan pertama kalinya level itu dinaikkan ke level puncak.

"Kita perlu memiliki kepekaan krisis yang lebih besar dari sebelumnya... virus ini tidak memiliki kalendar. Itu bisa menyerang kapan saja," cetus Gubernur Tokyo, Yuriko Koike.

Jepang sejauh ini menghindari penerapan langkah lockdown dan telah melihat wabah lebih kecil daripada negara-negara lainnya. Sejauh ini, total 187 ribu kasus Corona terkonfirmasi di Jepang, dengan 2.700 kematian.

Namun dengan adanya peningkatan jumlah kasus, Perdana Menteri (PM) Yoshihide Suga pada pekan ini mendorong warganya untuk mempertimbangkan kembali perjalanan liburan dan menangguhkan kampanye pariwisata domestik yang kontroversial.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3