Selandia Baru Ingin Buka Jalur Perjalanan ke Australia Mulai April 2021

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 14 Des 2020 10:32 WIB
PM Selandia Baru Jacinda Ardern (AFP Photo)
Foto: PM Selandia Baru Jacinda Ardern (AFP Photo)
Wellington -

Selandia Baru berharap untuk membuka travel bubble atau 'gelembung perjalanan' dengan Australia pada April tahun depan. Selandia Baru saat ini sedang bekerja keras untuk menyelesaikan langkah-langkah pembatasan Corona yang diperlukan.

Dilansir AFP, Senin (14/12/2020), Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan kabinet Selandia Baru telah setuju "pada prinsipnya" untuk membuka gelembung perjalanan trans-Tasman pada kuartal pertama tahun 2021. Hal ini bisa dilakukan asalkan tidak ada wabah virus Corona besar di kedua negara.

"Ini adalah niat kami untuk menyebutkan tanggal dimulainya perjalanan trans-Tasman bebas karantina di tahun baru, setelah detail yang tersisa masih dikunci," kata Ardern kepada wartawan, Senin (14/12).

Selandia Baru menutup perbatasannya pada bulan Maret dan sejak itu semua kedatangan internasional, termasuk Australia, harus menjalani isolasi selama dua minggu.

Selandia Baru menuai pujian secara luas karena penanganan ketat virus Corona yang sejauh ini menewaskan 'hanya' 25 orang dari populasi 5 juta jiwa.

Ardern mengatakan dia tidak akan membiarkan risiko yang tidak perlu, diambil untuk membuka kembali perjalanan dengan Australia. Australia sebelum pandemi adalah sumber pengunjung asing terbesar bagi Selandia Baru.

Selanjutnya
Halaman
1 2