Round-Up

Lansia-Nakes AS Mulai Diberi Suntikan Pertama Vaksin Corona

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 12 Des 2020 23:56 WIB
Vaksin Virus Corona Menuju RI
Ilustrasi (Tim Infografis Fuad Hasim)
Jakarta -

Otoritas Amerika Serikat (AS) memulai proses vaksinasi. Lansia hingga tenaga kesehatan (Nakes) akan menjadi prioritas disuntik vaksin virus Corona (COVID-19).

Presiden AS, Donald Trump mengatakan pihaknya mulai memberikan vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech. Keputusan ini disampaikan Trump setelah badan pengawas obat dan makanan AS, Food and Drug Administration (FDA) memberikan otorisasi penggunaan darurat vaksin tersebut pada Jumat (11/12) malam waktu setempat.

"Vaksin pertama akan diberikan dalam waktu kurang dari 24 jam," kata Trump dalam pidato yang disiarkan televisi di Twitter seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (12/12/2020).

Trump mengatakan otoritas setempat telah mengirimkan vaksin ke setiap negara bagian. Serta melakukan kerja sama dengan lembaga terkait.

"Melalui kemitraan kami dengan FedEx dan UPS, kami telah mulai mengirimkan vaksin ke setiap negara bagian," kata Trump seraya menambahkan bahwa para gubernur akan memutuskan siapa yang akan menerima suntikan pertama di negara bagian mereka.

Trump menyebut warga lanjut usia akan menjadi orang pertama untuk divaksinasi. Menyusul pertugas kesehatan.

"Kami ingin warga lanjut usia kita, petugas kesehatan dan para responder pertama berada di antrean pertama," ujar Trump.

"Ini akan dengan cepat dan dramatis mengurangi kematian dan rawat inap," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2