Senator AS Gagal Cegah Trump Jual Jet Siluman F-35 ke Uni Emirat Arab

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 10 Des 2020 13:48 WIB
Jet termahal di dunia F-35 alami kecelakaan pertama dalam sejarahnya
Ilustrasi (dok. BBC World)
Washington DC -

Senator Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat gagal mencegah pemerintahan Presiden Donald Trump untuk menjual jet tempur siluman F-35 ke Uni Emirat Arab (UEA). Sebagian besar Senator AS menepis kekhawatiran soal Trump berpotensi memicu kompetisi persenjataan berbahaya melalui penjualan jet tempur itu.

Seperti dilansir AFP, Kamis (10/12/2020), dalam salah satu kesepakatan penjualan persenjataan terbesar selama empat tahun kepemimpinannya, pemerintahan Trump menyepakati penjualan jet tempur berkemampuan siluman F-35, drone tanpa senjata dan persenjataan lain senilai US$ 23 miliar kepada UEA.

Kesepakatan itu dicapai setelah UEA setuju menormalisasi hubungan dengan Israel beberapa waktu lalu.

Para Senator Demokrat mengajukan resolusi yang bertujuan mencegah penjualan jet tempur F-35 tersebut.

Voting yang digelar terpecah berdasarkan garis partai, dengan penentang penjualan jet tempur itu gagal meyakinkan sedikitnya 50 Senator AS dalam dua pemungutan suara prosedural bahwa Trump bertindak tergesa-gesa sebelum Presiden terpilih AS, Joe Biden, mengambil alih jabatannya bulan depan. Terlebih diketahui bahwa UEA menjadi bagian dari operasi militer pimpinan Saudi di Yaman yang memicu krisis kemanusiaan.

Senator Republikan, Roy Blunt, menyatakan bahwa penjualan senjata ke UEA mendukung pekerjaan AS dan memberikan 'penguatan kepada teman-teman kita yang memandang musuh bersama dan bekerja secara langsung untuk menggerakkan negara mereka dan kawasan mereka ke arah yang jauh lebih baik'.

Trump mengancam akan memberikan veto jika resolusi yang berupaya mencegah penjualan jet tempur itu diloloskan. Dibutuhkan dua pertiga suara mayoritas dari Senat maupun House of Representatives (HOR) untuk membatalkan veto Trump itu.

Selanjutnya
Halaman
1 2