Jerman Usulkan Indonesia Jadi Model Pengembangan Islam di Eropa

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 15:32 WIB
Seminar Virtual soal Jerman usulkan Indonesia jadi pengembangan Islam di Eropa (Dok. KBRI Berlin)
Foto: Seminar Virtual soal Jerman usulkan Indonesia jadi pengembangan Islam di Eropa (Dok. KBRI Berlin)
Jakarta -

Peran Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia kembali menjadi perhatian Eropa. Islam wasatiah (Islam jalan tengah) yang menjadi karakter muslim di Indonesia dianggap bisa menjadi model untuk pengembangan Islam di Jerman dan Eropa.

Seperti dalam pernyataan KBRI Berlin di Jerman yang diterima detikcom, Rabu (9/12/2020) hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Politik Luar Negeri Bidang Keagamaan, Kementerian Luar Negeri Jerman, Dubes Volker Berresheim pada seminar yang berlangsung di Frankfurt.

"Kita patut belajar dari Indonesia, bagaimana agama Islam dikembangkan dan diajarkan di berbagai jenjang pendidikan, baik formal maupun informal. Peran organisasi-organisasi Islam di Indonesia secara umum juga telah berhasil mengembangkan Islam yang toleran dan moderat di tengah-tengah masyarakat yang sangat plural dan kompleks," katanya, Senin (7/12).

Menurutnya, praktik yang telah berkembang di Indonesia selama ini bisa menjadi referensi model dalam penyusunan kurikulum pelatihan para Imam untuk di Eropa. Tak terkecuali untuk Jerman.

Pembahasan mengenai pelatihan para Imam tersebut menjadi topik utama dalam seminar yang digelar oleh Akademie für Islam in Wissenschaft und Gesellschaft (AIWG), salah satu akademi Islam di Goethe-Unifersity Frankfurt, Jerman.

Seminar yang berlangsung secara virtual tersebut bertajuk 'Building bridges between State and Muslim communities: Domestic training of Muslim religious professionals in Europe and North America as a common issue'.

Selanjutnya
Halaman
1 2