Uni Emirat Arab Ungkap Vaksin Corona Buatan China Efektif 86 Persen

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 15:23 WIB
China memamerkan vaksin Corona untuk pertama kali di China International Fair for Trade in Services. Kandidat vaksin Corona yang dipamerkan merupakan produksi perusahaan China Sinovac Biotech dan Sinopharm.
Ilustrasi -- Vaksin Corona buatan Sinopharm (AP Photo/Mark Schiefelbein)
Abu Dhabi -

Uni Emirat Arab (UEA) mengungkapkan bahwa vaksin virus Corona (COVID-19) buatan China yang sedang diuji coba di wilayahnya menunjukkan efektivitas 86 persen. Pernyataan UEA ini hanya memberikan sedikit detail, namun menandai pertama kalinya informasi soal efektivitas vaksin China diungkap ke publik.

Seperti dilansir Associated Press, Rabu (9/12/2020), UEA diketahui tengah menjadi lokasi uji coba klinis vaksin China sejak September lalu. Vaksin buatan China yang diuji di negara ini merupakan buatan raksasa farmasi milik negara, Sinopharm. Uji coba itu melibatkan 31 ribu relawan dari 125 negara.

Para relawan yang ikut serta dalam uji coba itu berusia antara 18-60 tahun. Mereka menerima dua dosis vaksin Sinopharm selama 28 hari.

Kementerian Kesehatan dan Pencegahan UEA mengumumkan hasil uji coba itu melalui pernyataan yang dirilis kantor berita WAM. Disebutkan bahwa UEA 'telah meninjau analisis sementara Sinopharm CNBG untuk uji coba fase III'.

"Analisis tidak menunjukkan masalah keselamatan serius," demikian pernyataan Kementerian Kesehatan dan Pencegahan UEA, tanpa menyebut lebih lanjut apakah ada relawan yang mengalami efek samping.

Tidak diketahui secara jelas apakah hasil uji coba yang diumumkan UEA ini hanya mencakup uji coba yang dilakukan di UEA saja atau juga mencakup uji coba dari China dan negara lainnya.

Pernyataan UEA itu menyatakan vaksin Corona buatan China mendapatkan 'pendaftaran resmi' tanpa menjelaskan apa maksudnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2