Penyakit Misterius di India, Jejak Timah-Nikel Ditemukan di Darah Pasien

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 13:02 WIB
Otoritas di India sedang menyelidiki penyebab penyakit tak dikenal yang menyebabkan lebih dari 200 orang dirawat di rumah sakit selama akhir pekan.
Ilustrasi (AP Photo)
New Delhi -

Para dokter di India menemukan jejak timah dan nikel berlebihan di dalam sampel darah para pasien yang dirawat di rumah sakit di Andhra Pradesh akibat penyakit misterius. Hal ini terungkap dalam penyelidikan awal yang tengah dilakukan otoritas India untuk mencari penyebab penyakit misterius itu.

Seperti dilansir CNN, Rabu (9/12/2020), lebih dari 500 orang dirawat di rumah sakit akibat penyakit misterius yang belum teridentifikasi. Dituturkan petugas pemantau distrik Godavari Barat, Dolla Joshi Roy, bahwa para pasien dilaporkan mengalami serentetan gejala termasuk kejang, hilang kesadaran dan mual-mual.

Kantor Kepala Menteri setempat, YS Jagan Mohan Reddy, menyatakan bahwa hasil awal penyelidikan yang dilakukan tim dari Institut Ilmu Medis Seluruh India (AIIMS) menemukan partikel timah dan nikel di dalam sampe darah para pasien.

"Sama halnya, Institut Teknologi Kimia India (IICT) juga melakukan pengujian dan hasilnya masih menunggu," sebut Reddy.

Disebutkan Komisaris Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga dari pemerintahan Andhra Pradesh, Katamneni Bhaskar, bahwa tim AIIMS di New Delhi menguji 10 sampel darah dan menemukan jejak timah serta nikel.

Laporan Reuters menyebut bahwa kandungan timah yang tinggi dalam darah bisa mengganggu perkembangan otak, sistem saraf dan organ vital seperti jantung dan paru-paru.

Sebanyak 20 sampel lainnya tengah dikirimkan dari Andhra Pradesh ke New Delhi, dan sampel susu juga sedang diuji. Ditambahkan Bhaskar kepada CNN bahwa sampel air yang diuji AIIMS tidak menemukan jejak timah dan nikel.