Kabar Pria Indonesia Ditangkap Usai Bikin Hollywood Gempar

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 05 Des 2020 05:02 WIB
Identitas ratu penipu Hollywood yang tengah diselidiki FBI terbongkar, diduga sebagai pria Indonesia yang tinggal di Inggris
Foto: Hollywood (BBC World)
Washington DC -

Seorang pria asal Indonesia membuat gempar dunia Hollywood usai melakukan penipuan hingga ratusan ribu dollar. Pria yang dijuluki 'Ratu Penipu Hollywood' ditangkap di Inggris.

Dilansir AFP, Jumat (4/12/2020) pria itu ditangkap setelah bertahun-tahun diburu oleh Biro Investigasi Federal Amerika Serikat, FBI. Dia diidentifikasi dalam dakwaan pengadilan yang terbuka pada Kamis (3/12) sebagai Hargobind Tahilramani, seorang pria Indonesia berusia 41 tahun.

"Terdakwa telah ditangkap di Inggris Raya berdasarkan permintaan penangkapan sementara yang diajukan oleh Amerika Serikat dengan maksud untuk mengekstradisinya," kata juru bicara FBI di San Diego, California kepada AFP.

Dilansir BBC, dia diduga menipu lebih dari US$1 juta dari para korbannya. Salah satu suara yang pernah ia tiru adalah suara bernada tinggi mantan istri, raja media, Rupert Murdoch, Wendi Deng, sebagai upaya untuk menipu.

Para korban didekati dengan tawaran pekerjaan showbiz yang menguntungkan dan diinstruksikan untuk melakukan perjalanan ke Indonesia untuk tugas-tugas termasuk pencarian lokasi, penelitian, dan penyusunan skenario, menurut dokumen pengadilan yang diajukan di California.

Tahilramani akan "menggunakan aksen palsu dan mengubah suaranya agar terdengar seperti wanita," kata dokumen itu.

Pada saat kedatangan, para korban diduga ditipu untuk mendapatkan mata uang AS di setiap kesempatan oleh Tahilramani dan rekan-rekan konspiratornya, dengan proyek film yang dijanjikan sepenuhnya fiksi, dan pengeluaran mereka tidak pernah diganti.

Jika target mengeluh atau menyatakan keraguan, Tahilramani kadang-kadang mengancam untuk "memotong" korban, kata dokumen itu.

Lihat juga video 'Kejari Purwokerto Tangkap Penipu Jual Beli Tanah Rp 4.6 Miliar':

[Gambas:Video 20detik]



Kapan aksi penipuan ini dimulai? Silakan klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2