Pria Indonesia 'Ratu Penipu Hollywood' Ditangkap, KBRI London Tunggu Konfirmasi

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 04 Des 2020 17:58 WIB
Borgol penjahat
Ilustrasi penangkapan (Foto: Andhika Akbaryansyah)
Jakarta -

Hargobind Tahilraman yang disebut sebagai pria Indonesia dan dijuluki 'Ratu Penipu Hollywood' ditangkap di Inggris. KBRI London menyatakan pria tersebut tak ada dalam database WNI di Inggris.

"Berkaitan dengan pertanyaan tersebut dapat saya sampaikan bahwa di dalam database KBRI London, tidak tercantum data yang bersangkutan," kata Counsellor Penerangan dan Sosial Budaya, Hartyo Harkomoyo, Jumat (4/12/2020).

Hartyo mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan otoritas setempat. KBRI London saat ini masih menunggu konfirmasi lebih lanjut.

"KBRI London telah melakukan komunikasi dengan pihak yang berwenang dan sedang menunggu konfirmasi lebih lanjut," ujar Hartyo.

Sebelumnya diberitakan, pria yang menyamar sebagai eksekutif wanita papan atas Hollywood untuk menipu calon bintang ratusan ribu dolar itu ditangkap di Inggris.

Dilansir AFP, Jumat (4/12) pria itu ditangkap setelah bertahun-tahun diburu oleh Biro Investigasi Federal Amerika Serikat, FBI. Dia diidentifikasi dalam dakwaan pengadilan yang terbuka pada Kamis (3/12) sebagai Hargobind Tahilramani, seorang pria Indonesia berusia 41 tahun.

"Terdakwa telah ditangkap di Inggris Raya berdasarkan permintaan penangkapan sementara yang diajukan oleh Amerika Serikat dengan maksud untuk mengekstradisinya," kata juru bicara FBI di San Diego, California kepada AFP.

Dilansir BBC, dia diduga menipu lebih dari US$1 juta dari para korbannya. Salah satu suara yang pernah ia tiru adalah suara bernada tinggi mantan istri, raja media, Rupert Murdoch, Wendi Deng, sebagai upaya untuk menipu.

Selanjutnya
Halaman
1 2