Portugal Akan Gratiskan Vaksin Corona untuk Semua Warga

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 04 Des 2020 18:39 WIB
Produsen Kaca Schott AG, Mata Rantai Penting dalam Produksi Vaksin Corona
Ilustrasi (DW News)
Lisbon -

Otoritas Portugal mengumumkan rencana program vaksinasi virus Corona (COVID-19) untuk seluruh warganya yang akan dimulai awal tahun depan. Ditegaskan otoritas Portugal bahwa vaksin Corona akan diberikan secara sukarela dan gratis untuk semua warga di negara tersebut.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (4/12/2020), otoritas Portugal mengharapkan nyaris 10 persen populasinya sudah disuntik vaksin Corona dalam fase pertama program vaksinasi yang akan dimulai bulan depan atau awal tahun 2021.

Prioritas akan diberikan kepada warga yang berusia di atas 50 tahun dengan penyakit bawaan, seperti penyakit koroner atau gangguan paru-paru. Kemudian juga diprioritaskan untuk para profesional garis depan dari berbagai sektor seperti kesehatan, militer dan keamanan. Tidak ketinggalan juga warga lanjut usia yang tinggal di panti jompo dan mereka yang dirawat di unit perawatan intensif.

Program vaksinasi Corona di Portugal nantinya akan dibagi menjadi tiga fase yang dilakukan secara bertahap. Koordinator satuan tugas vaksinasi pemerintah, Francisco Ramos, menjelaskan bahwa fase pertama harus diselesaikan antara Januari dan Februari tahun depan. Namun, sebut Ramos, fase pertama bisa diperpanjang hingga April jika ada penundaan dalam pelaksanaannya.

Penyuntikan vaksin Corona nantinya akan diberikan di sedikitnya 1.200 titik vaksinasi yang ditetapkan di berbagai pusat kesehatan di seluruh wilayah Portugal.

"Kami sudah bisa melihat cahaya di ujung terowongan tapi tidak semua vaksin tiba pada hari pertama ... vaksin-vaksin akan tiba secara bertahap sepanjang tahun," tutur Perdana Menteri (PM) Portugal, Antonio Costa.

Dalam fase kedua, setidaknya 2,7 juta orang akan disuntik vaksin Corona, termasuk warga yang berusia 65 tahun ke atas. Kemudian, populasi Portugal lainnya diharapkan akan divaksinasi dalam fase ketiga.

Selanjutnya
Halaman
1 2