Dimulai Januari, Prancis Akan Gratiskan Vaksin Corona Bagi Warganya

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 04 Des 2020 03:11 WIB
Vaccine and syringe injection It use for prevention, immunization and treatment from COVID-19
Foto: Getty Images/iStockphoto/kiattisakch
Paris -

Perdana Menteri Prancis Jean Castex menyebut vaksinasi terhadap virus Corona (COVID-19) di Prancis akan digratiskan. Vaksinasi di Prancis akan dimulai Januari 2021.

Jean Castex mengatakan vaksinasi gratis pada Januari akan diberikan lebih dulu terhadap satu juta lansia di panti jompo. Pada bulan berikutnya, ada 14 juta vaksin akan diberikan kepada orang-orang yang memiliki resiko tertular.

"Prancis akan memiliki potensi 200 juta dosis, yang akan memungkinkan 100 juta orang divaksinasi," kata Jean Castex, dilansir AFP, Jumat (4/12/2020).

Dia menyebut kampanye vaksinasi Covid-19 di Prancis bahkan bisa dimulai di hari-hari terakhir Desember ini. Strategi vaksinasi Pemerintah Prancis akan dipresentasikan ke parlemen pada bulan ini. Dia juga menekankan bahwa semua keputusan akan transparan.

Lebih jauh, Castex menyebut perayaan malam tahun baru masih dalam perdebatan. Sebab, pertemuan dalam malam tahun baru dikhawatirkan akan membuat angka penularan semakin melonjak.

Dia mengatakan dalam pertemuan di malam tahun baru disarankan tidak berkumpul dengan lebih dari enam orang dewasa. Termasuk anak-anak tidak boleh disertakan dalam pertemuan tersebut.

Jean Castex juga menyebut saat ini penyebaran virus Corona di Prancis terus menurun. Nantinya, diperkirakan jumlah kasus harian akan turun di bawah rata-rata 10.000 kasus. Hingga kini, virus Corona di Prancis telah menewaskan lebih dari 53.000 orang.

(fas/fas)