Wahana China Bersiap Kirim Sampel Permukaan Bulan ke Bumi

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 12:36 WIB
Pengambilan sampel batu di bulan (AP Photo)
Foto: Pengambilan sampel batu di bulan (AP Photo)
Beijing -

Misi penyelidikan bulan terbaru China yang mengambil sampel permukaan bulan telah selesai dilaksanakan. China memuat sampel itu di dalam pesawat ruang angkasa untuk kembali ke Bumi.

Dilansir dari Associated Press (AP) dan Channel News Asia (CNA), Kamis (3/12/2020) Chang'e 5, pesawat penjelajah China ketiga yang mendarat di bulan, adalah yang terbaru dari serangkaian misi yang semakin ambisius untuk program luar angkasa Beijing.

China juga memiliki wahana dalam perjalanan ke Mars dengan membawa robot penjelajah.


Chang'e 5 mendarat pada hari Selasa (1/12) dalam misi membawa batu-batuan bulan ke Bumi untuk pertama kalinya sejak 1976.

Pesawat ruang angkasa itu "telah menyelesaikan pengambilan sampel di bulan, dan sampel telah disegel di dalam pesawat ruang angkasa," kata Badan Luar Angkasa Nasional China dalam sebuah pernyataan, Kamis (3/12).

China telah menggelontorkan miliaran dolar ke dalam program luar angkasa yang dijalankan militer, dengan harapan memiliki stasiun luar angkasa berawak pada tahun 2022 dan pada akhirnya mengirim manusia ke Bulan.

Tujuan misi Chang'e 5 adalah untuk menggali batu-batuan dan tanah di Bulan untuk membantu para ilmuwan mempelajari tentang asal-usul, formasi, dan aktivitas vulkanik Bulan di permukaannya.

Jika berhasil, China akan menjadi negara ketiga yang mengambil sampel dari Bulan, setelah Amerika Serikat dan Uni Soviet pada 1960-an dan 1970-an.

(rdp/ita)