PM Selandia Baru Jacinda Ardern Umumkan 'Darurat Iklim'

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 12:46 WIB
PM Selandia Baru Jacinda Ardern (AFP Photo)
Foto: PM Selandia Baru Jacinda Ardern (AFP Photo)
Wellington -

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengumumkan "darurat iklim" pada hari Rabu (2/12/2020). Dia mengatakan kepada parlemen bahwa tindakan mendesak diperlukan demi generasi mendatang.

Dilansir AFP, Rabu (2/12/2020) Ardern mengatakan ilmu tentang perubahan iklim sudah jelas dan Selandia Baru harus mengakui ancaman tersebut.

Pemimpin kiri-tengah itu mengatakan bahwa tantangan yang ditimbulkan oleh pemanasan global berarti deklarasi parlemen - tindakan yang dilakukan oleh lebih dari puluhan negara negara lain - dijamin.

"Dalam kasus-kasus di mana kita mengeluarkan deklarasi, seringkali di mana ada ancaman terhadap nyawa, ancaman terhadap properti, dan keadaan darurat pertahanan sipil," katanya kepada parlemen.

"Jika kita tidak menanggapi perubahan iklim, kita akan terus menghadapi keadaan darurat ini di pantai kita," imbuhnya.

Anggota parlemen mengesahkan deklarasi darurat yang sebagian besar simbolis. Deklarasi ini disahkan usai Ardern mendesak mereka untuk mendukung langkah tersebut.

"Beri suara untuk deklarasi ini, berada di sisi kanan sejarah, jadilah bagian dari solusi yang harus kita berikan bersama untuk generasi berikutnya," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2