Dikaitkan dengan Pembunuhan Ilmuwan Nuklir, Arab Saudi Kecam Iran

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 12:27 WIB
Iran tuduh Israel bunuh ilmuwan nuklir, Mohsen Fakhrizadeh memakai senjata yang dikendalikan dari jarak jauh
Foto: Iran tuduh Israel bunuh ilmuwan nuklir, Mohsen Fakhrizadeh memakai 'senjata yang dikendalikan dari jarak jauh' (BBC World)
Riyadh -

Seorang Menteri senior Arab Saudi mengecam Menteri Luar Negeri Iran karena menyiratkan Riyadh berperan dalam pembunuhan ilmuwan nuklir negara tersebut. Saudi membantah tuduhan tersebut.

Seperti dilansir AFP, Rabu (2/12/2020) ilmuwan nuklir terkemuka Iran, Mohsen Fakhrizadeh tewas pada hari Jumat (27/11) setelah mobil dan pengawalnya menjadi sasaran serangan bom dan senjata api di jalan utama di luar ibukota Teheran. Insiden ini meningkatkan ketegangan antara Iran dan musuh-musuhnya.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif pada hari Senin (30/11) mengatakan di Instagram bahwa pertemuan rahasia di Arab Saudi antara Putra Mahkota Mohammed bin Salman dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berkontribusi pada pembunuhan tersebut dan menuduh itu adalah "konspirasi".

"Menteri Luar Negeri Iran Zarif sangat ingin menyalahkan kerajaan atas segala hal negatif yang terjadi di Iran," tulis Adel al-Jubeir, Menteri Luar Negeri Saudi dalam cuitan di Twitter. "Apakah dia akan menyalahkan kami atas gempa bumi atau banjir berikutnya?" tulisnya.

"Ini bukanlah kebijakan Arab Saudi untuk terlibat dalam pembunuhan," tambahnya.

Tidak seperti negara-negara Teluk lainnya, Arab Saudi belum secara resmi mengutuk pembunuhan ilmuwan nuklir Iran tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2