AS Catat 10 Ribu Kematian Akibat Corona dalam Sepekan

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 13:40 WIB
The Manhattan bridge is seen in the background of a flashing sign urging commuters to avoid gatherings, reduce crowding and to wash hands in the Brooklyn borough of New York, on Thursday, March 19, 2020. In a matter of days, millions of Americans have seen their lives upended by measures to curb the spread of the new coronavirus. For most people, the new coronavirus causes only mild or moderate symptoms. For some it can cause more severe illness. (AP Photo/Wong Maye-E)
Ilustrasi -- Situasi pandemi Corona di AS (dok. AP Photo/Wong Maye-E)
Washington DC -

Amerika Serikat (AS) mencatat 10 ribu kematian akibat virus Corona (COVID-19) dalam sepekan. Para pejabat negara bagian AS dan otoritas kesehatan setempat memperingatkan bahwa masa liburan Thanksgiving pekan lalu kemungkinan membuat banyak kasus Corona yang tidak tercatat.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (1/12/2020), analis terbaru Reuters terhadap laporan otoritas negara bagian dan distrik-distrik AS menunjukkan jumlah kasus baru di AS menurun 3,8 persen dalam sepekan hingga 29 November. Angka kematian akibat Corona di AS untuk periode yang sama juga menurun 3,9 persen.

Para pejabat kesehatan setempat menyebut bahwa kebanyakan pusat tes Corona tutup saat perayaan Thanksgiving yang jatuh pada Kamis (26/11) lalu dan sejumlah laboratorium swasta mengurangi stafnya atau tutup pada Jumat (27/11) lalu.

Perkiraan para pejabat kesehatan setempat menyebut jumlah kasus baru dan angka kematian pada pekan ini mungkin akan sangat tinggi karena tumpukan data dari pekan lalu. Rumah-rumah sakit di AS yang tidak tutup saat masa liburan, mungkin memberikan data yang paling akurat untuk sepekan lalu.

Jumlah pasien Corona yang rawat inap mencapai rekor tertinggi pada Minggu (29/11) waktu setempat, dengan mencapai nyaris 93 ribu orang. Angka tersebut naik 11 persen dibandingkan pekan lalu dan mencapai dua kali lipat lebih banyak dibandingkan sebulan lalu.

Laporan Reuters menyebut sedikitnya 10 ribu kematian akibat Corona dan lebih dari 1,1 juta kasus baru tercatat di AS dalam sepekan lalu.

Analisi Reuters menunjukkan jumlah kasus Corona di negara bagian Washington mengalami kenaikan 91 persen dalam sepekan lalu -- tambahan kasus tertinggi di AS. Sementara itu, jumlah kasus Corona di California dilaporkan naik 31 persen dan di New York naik 25 persen.

Selanjutnya
Halaman
1 2