Vaksin Corona Akan Tersedia untuk Warga AS Sebelum Natal

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 09:47 WIB
Vaksin Covid-19: Negara-negara termiskin di dunia tak boleh terinjak-injak dalam perebutan vaksin corona, menurut WHO
Ilustrasi (dok. BBC World)
Washington DC -

Menteri Kesehatan Amerika Serikat (AS), Alex Azar, mengumumkan bahwa dua vaksin virus Corona (COVID-19) akan tersedia bagi warga AS sebelum Natal, atau dalam beberapa pekan ke depan. Ini menjadi dua vaksin pertama yang akan tersedia untuk publik di AS.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (1/12/2020), Azar menuturkan bahwa para penasihat untuk Otoritas Makanan dan Obat-obatan AS (FDA) akan bertemu pada 10 Desember untuk mempertimbangkan apakah vaksin Corona buatan Pfizer mendapat izin untuk digunakan secara darurat.

Jika vaksin Pfizer mendapat izin FDA, maka pendistribusian akan segera dilakukan dalam hitungan AS ke berbagai wilayah AS. Selain Pfizer, vaksin Corona buatan Moderna juga akan melewati prosedur yang sama sekitar sepekan setelahnya.

"Jadi kita bisa melihat kedua vaksin ini disalurkan dan diterima oleh orang-orang sebelum Natal," ucap Azar dalam wawancara dengan program televisi CBS 'This Morning' pada Senin (30/11) waktu AS.

Lebih lanjut, Azar menjelaskan bahwa pemerintah federal AS akan mengirimkan vaksin-vaksin Corona tersebut melalui sistem distribusi vaksin normal, dengan para gubernur masing-masing negara bagian akan menentukan ke mana vaksin-vaksin itu disalurkan pertama kali di wilayah mereka.

"Mereka akan menentukan kelompok mana yang diprioritaskan. Saya berharap agar sains dan buktinya akan cukup jelas sehingga para gubernur kita akan mengikuti rekomendasi yang kami buat untuk mereka," ujarnya.

Azar menyatakan bahwa dirinya dan Wakil Presiden AS, Mike Pence, akan berbicara kepada seluruh gubernur negara bagian AS pada Senin (30/11) malam waktu setempat untuk membahas soal vaksin tersebut dan kelompok mana yang harus diprioritaskan untuk mendapatkannya terlebih dahulu.

(nvc/ita)