Warga Meksiko Berdemo Usai Pengusaha Prancis Dibunuh

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 11:01 WIB
pembunuhan
Foto: Ilustrasi pembunuhan (Edi Wahyono)
Mexico City -

Ratusan orang berdemo di Mexico City, ibu kota Meksiko pada hari Senin (1/12/2020) untuk memprotes pembunuhan seorang pengusaha Prancis. Dia dibunuh bersama dengan rekan Meksikonya pada akhir pekan.

Dilansir Reuters, Selasa (1/12/2020) para demonstran berbaris di sepanjang jalan raya utama di lingkungan barat Polanco menuju sebuah restoran yang dikelola oleh Baptiste Lormand (45) dan mitra bisnisnya, Luis Orozco. Mereka pergi ke sana setelah meninggalkan bunga di luar kedutaan Prancis.

Penduduk lokal dan para pemilik bisnis ikut serta. Salah seorang pengunjuk rasa memegang plakat dengan tulisan dalam bahasa Spanyol: "Ketika tidak ada keadilan, pihak berwenang menjadi kaki tangan."

Lormand dan Orozco dilaporkan hilang pada hari Jumat (27/11) dan mayat mereka ditemukan di jalan di distrik selatan ibu kota pada hari Sabtu (28/11), kata jaksa Mexico City.

Warga Polanco, Israel Reyes, mengatakan dia sangat sedih dengan pembunuhan itu dan terkejut bahwa kejahatan semacam itu telah terjadi di daerah yang secara umum dianggap termasuk yang paling aman di kota itu.

"Saya pikir sekarang ada tanggung jawab besar pada masyarakat dan pihak berwenang untuk memulihkan ketertiban," kata Reyes.

Kepala polisi Mexico City, Omar Harfuch, yang menjadi sasaran upaya pembunuhan di dekat Polanco lima bulan lalu, mengatakan seorang pria yang diyakini terlibat dalam pembunuhan itu telah ditangkap pada Senin (30/11).

Selanjutnya
Halaman
1 2