Dikritik, Penasihat Gedung Putih Keturunan Palestina Dibela Asosiasi Yahudi

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 26 Nov 2020 12:25 WIB
Reema Dodin (dok. Situs Transisi Biden-Harris)
Reema Dodin (dok. Situs Transisi Biden-Harris)
Washington DC -

Reema Dodin, penasihat Gedung Putih keturunan Palestina yang baru ditunjuk Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Joe Biden, dibela oleh para politikus veteran AS dan Asosiasi Yahudi Demokrat AS setelah dia dikritik karena komentar masa lalunya soal bom bunuh diri Palestina.

Seperti dilansir media Israel, Haaretz, Kamis (26/11/2020), Dodin yang anak imigran Palestina ini baru saja ditunjuk menjadi Wakil Ketua Kantor Urusan Legislatif pada Gedung Putih oleh Biden. Penunjukan Dodin menuai kritikan dari kalangan konservatif dan kelompok advokasi Israel, namun dia dibela oleh politikus veteran AS dan Asosiasi Yahudi Demokrat AS.

Kebanyakan pengkritik mengungkit pernyataan yang disampaikan Dodin 18 tahun lalu, saat dia masih menjadi mahasiswi Universitas California di Berkeley. Saat itu, Dodin yang mengomentari Intifada Kedua tahun 2002 menyebut 'pengebom bunuh diri merupakan upaya terakhir dari orang-orang yang putus asa'.

Menanggapi kritikan itu, seorang pejabat pada tim transisi Biden-Harris memberikan pembelaan untuk penunjukan Dodin.

"Reema adalah orang pertama yang memberitahu Anda bahwa dia telah bertumbuh dari masa mudahnya dalam pendekatan untuk mendorong perubahan, tetapi nilai intinya dalam berjuang untuk memperluas peluang dalam membangun kelas menengah yang lebih kuat tetap menjadi kekuatan pendorongnya," sebut pejabat yang tidak disebut namanya tersebut.

"Dia memanfaatkan aktivismenya menjadi tindakan, menjadi pemimpin yang dihormati dan dipercaya dalam Senat AS. Pengalaman dan perspektif Senatnya selama bertahun-tahun akan membantu Presiden terpilih Biden dan Wakil Presiden terpilih Harris dalam merespons tantangan bangsa kita yang paling mendesak," imbuhnya.

Dodin sebelumnya bekerja sebagai staf Capitol Hill -- gedung parlemen AS -- sejak lama. Dia juga pernah menjadi Wakil Kepala Staf dan Floor Director untuk Senator Illinois, Dick Durbin, dari Partai Demokrat. Saat ini dia telah bekerja sebagai relawan dalam tim transisi Joe Biden-Kamala Harris, membantu dengan pengalaman keterlibatannya dengan anggota parlemen AS di Capitol Hill.

Simak video 'Joe Biden: Amerika Serikat Siap Kembali Memimpin Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2