Pennsylvania-Nevada Sahkan Hasil Pilpres, Makin Kukuhkan Kemenangan Biden

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 15:14 WIB
Pemilu Amerika: Trump menerima transisi kekuasaan ke Joe Biden
Joe Biden (dok. BBC World)
Pennsylvania -

Otoritas negara bagian Pennsylvania dan Nevada telah mengesahkan hasil pilpres Amerika Serikat (AS) di wilayah masing-masing. Hasil pilpres di kedua negara bagian itu sama-sama menyatakan kemenangan Presiden terpilih AS, Joe Biden, atas Presiden Donald Trump.

Seperti dilansir CNN, Rabu (25/11/2020), Gubernur Pennsylvania, Tom Wolf, mengumumkan pada Selasa (24/11) waktu setempat bahwa dirinya telah menandatangani Sertifikat Penetapan hasil pilpres AS 2020 yang secara resmi mengakui kemenangan Biden di negara bagian tersebut.

Pengesahan ini diumumkan sehari setelah seluruh 67 distrik di Pennsylvania, sesuai hukum yang berlaku, menerima hasil penghitungan suara dan mensertifikasinya kepada Sekretaris Negara Bagian Pennsylvania, Kathy Boockvar, pada hari Senin ketiga setelah pilpres 3 November.

Laporan AFP menyebut Biden menang di Pennsylvania dengan selisih 81 ribu suara atas Trump, dengan total 6,9 juta suara pemilih yang dihitung.

Pengesahan ini juga secara resmi menyerahkan 20 electoral votes yang dimiliki negara bagian Pennsylvania kepada Biden. "Seperti diatur oleh hukum federal, saya telah menandatangani Sertifikat Penetapan untuk daftar elector bagi Joe Biden dan Kamala Harris," tulis Wolf dalam pernyataannya.

Wolf juga berterima kasih kepada para pejabat dan petugas pemilu atas kinerja mereka. "Sekali lagi, saya ingin berterima kasih kepada para pejabat pemilu yang telah menyelenggarakan pemilu yang adil dan bebas dalam masa-masa yang menantang di wilayah kita dan sejarah negara kita. Para petugas pemilu kita terus diserang dan mereka tampil mengagumkan dan terhormat," sebut Wolf.

Sementara itu, Sekretaris Negara Bagian Nevada, Barbara K Cegavske, juga telah mengesahkan hasil pilpres di wilayahnya di hadapan Mahkamah Agung setempat pada Selasa (24/11) waktu setempat.

Tonton video 'Joe Biden: Amerika Serikat Siap Kembali Memimpin Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2