Ini 6 Pejabat Pertama yang Diumumkan Duduki Posisi Penting di Kabinet Biden

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 09:44 WIB
President-elect Joe Biden and Vice President-elect Kamala Harris introduce their nominees and appointees to key national security and foreign policy posts at The Queen theater, Tuesday, Nov. 24, 2020, in Wilmington, Del. (AP Photo/Carolyn Kaster)
Joe Biden dan Kamala Harris saat memperkenalkan enam anggota pertama dalam kabinet mereka (AP Photo/Carolyn Kaster)
Delaware -

Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Joe Biden, bersama Wakil Presiden terpilih AS, Kamala Harris, memperkenalkan enam anggota pertama untuk kabinet pemerintahan mereka. Enam orang pertama yang diumumkan ini menduduki posisi strategis terkait keamanan nasional dan kebijakan luar negeri.

Seperti dilansir CNN, Rabu (25/11/2020), momen perkenalan ini digelar di Wilmington, Delaware, pada Selasa (24/11) waktu setempat. Setelah diumumkan nama dan jabatannya, enam anggota pertama kabinet Biden-Harris itu diberi kesempatan memberikan pernyataan pertama mereka di depan publik AS.

Dari pernyataan-pernyataan mereka, banyak yang menyampaikan teguran implisit untuk Presiden Donald Trump dan kebijakan isolasionis-nya serta pandangan 'America First' yang menjadi tema utama kebijakan luar negeri Trump dalam empat tahun terakhir.

Biden sendiri menyebut orang-orang yang dipilihnya menempati posisi strategis ini sebagai tim yang akan membawa AS kembali ke panggung dunia.

"Tim yang Anda temui saat ini, tim ini di belakang saya. Mereka mewujudkan keyakinan mendalam saya bahwa Amerika adalah yang terkuat ketika bekerja bersama sekutu-sekutunya," cetus Biden.

"Ini adalah tim yang akan menjaga negara kita dan rakyat kita tetap aman dan terlindungi," tegasnya.

"Dan ini adalah tim yang mencerminkan fakta bahwa Amerika telah kembali, siap untuk memimpin dunia, bukannya mundur dari dunia. Sekali lagi, duduklah di kepala meja," ucap Biden.

Simak juga video 'Menteri Pilihan Biden: Antony Blinken hingga Janet Yellen':

[Gambas:Video 20detik]



Lantas, siapa saja enam anggota pertama untuk kabinet Biden-Harris? Berikut daftarnya berserta pernyataan pertama mereka kepada publik AS:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3