Pennsylvania-Nevada Sahkan Hasil Pilpres, Makin Kukuhkan Kemenangan Biden

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 15:14 WIB
Pemilu Amerika: Trump menerima transisi kekuasaan ke Joe Biden
Joe Biden (dok. BBC World)

Cevaske, yang seorang Republikan, menyoroti beberapa hasil perolehan suara di beberapa wilayah, namun tidak secara lisan mengakui pemenang pilpres di wilayahnya, yakni Biden. Namun Mahkamah Agung Nevada telah menandatangani hasil penghitungan setiap distrik sebelum secara resmi mengesahkan hasil keseluruhan di negara bagian itu.

Menurut data terakhir dari situs Sekretaris Negara Bagian Nevada, Biden menang atas Trump dengan selisih lebih dari 33 ribu suara -- total 1.4 juta suara dihitung.

Pada Senin (23/11) waktu setempat, otoritas negara bagian Michigan juga telah secara resmi mengesahkan hasil pilpres di wilayahnya, yang juga dimenangkan oleh Biden. Hasil penghitungan di Michigan menunjukkan Biden unggul nyaris 156 ribu suara atas Trump, dengan total 5,5 juta suara yang dihitung.

Diketahui bahwa proses pengesahan atau sertifikasi hasil pilpres di setiap negara bagian merupakan proses rutin dalam pilpres AS. Namun pada pilpres tahun ini, adanya penolakan Trump untuk mengakui kekalahan telah memperumit dan menunda proses tersebut di beberapa negara bagian.

Secara keseluruhan, menurut proyeksi media-media terkemuka AS, Biden telah meraup 306 electoral votes dan Trump hanya meraup 232 electoral votes. Dibutuhkan setidaknya 270 electoral votes untuk bisa memenangkan pilpres AS.

Halaman

(nvc/rdp)