Gelar Resepsi Nikah Saat Corona, Sinagoge di New York Didenda Rp 212 Juta

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 09:34 WIB
Ilustrasi Yahudi Ortodoks di New York (AFP Photo)
Foto: Ilustrasi Yahudi Ortodoks di New York (AFP Photo)
New York -

Sebuah sinagoge Yahudi Ortodoks telah dikenai denda oleh otoritas New York setelah ribuan orang berkumpul untuk menghadiri acara resepsi pernikahan. Acara itu digelar dalam ruangan secara diam-diam, yang melanggar aturan pembatasan virus Corona.

Dilansir AFP, Rabu (25/11/2020), tempat ibadah penganut Hasidisme itu didenda US$ 15.000 (Rp 212 juta) selama acara 8 November, yang diselenggarakan tanpa sepengetahuan pejabat kota. Hal ini disampaikan oleh Wali Kota New York City, Bill de Blasio pada Selasa (24/11).

Pemerintah kota mengeluarkan denda setelah video pernikahan yang menunjukkan ribuan hadirin bernyanyi dan menari tanpa masker beredar di media sosial.

"Tampaknya ada upaya yang sangat sadar untuk menyembunyikan apa yang sedang terjadi. Dan itulah yang membuatnya semakin tidak bisa diterima," kata de Blasio.

Kasus ini adalah contoh terbaru dari ketegangan antara pejabat dan komunitas Ortodoks atas aturan jaga jarak yang diberlakukan untuk menghentikan penyebaran COVID-19, yang merusak lingkungan Ortodoks pada musim semi.

Bulan lalu, sebuah daerah di Brooklyn menjadi saksi dari aksi protes terhadap tindakan lokal yang menempatkan pembatasan pada tempat ibadah dan menutup bisnis yang tidak penting dalam upaya untuk menangkis gelombang kedua Corona.

Simak juga video 'Intimate Wedding Jadi Tren Baru di Masa Pandemi Corona':

[Gambas:Video 20detik]