Lansia akan Jadi Kelompok Pertama yang Diberi Vaksin COVID-19 di Spanyol

Dwi Andayani - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 02:37 WIB
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination.
Foto: iStock
Jakarta -

Spanyol akan memulai program imunisasi nasionalnya awal tahun depan. Nantinya lansia akan menjadi orang pertama yang divaksin COVID-19.

Dilansir AFP, Selasa (24/11/2020) pemerintah Spanyol akan mulai memvaksinasi 47 juta penduduknya pada Januari. Selain lansia, petugas kesehatan juga akan lebih dulu divaksin.

"Pada tahap pertama, kami akan fokus pada yang paling rentan, sekelompok sekitar 2,5 juta orang," ujar Menteri Kesehatan Salvador Illa pada konferensi pers.

Spanyol menargetkan sebagian besar penduduknya telah diimunisasi pada pertengahan 2021. Rencana itu terungkap setelah beberapa pembuat vaksin mengumumkan terobosan dalam perburuan pengobatan untuk menghentikan pandemi.

Vaksin ini disebut akan diberikan melalui sistem kesehatan nasional secara gratis.

"Ini akan menjadi vaksin gratis yang akan diberikan melalui sistem kesehatan nasional dan menerimanya akan sukarela", katanya.

Illa mengatakan Spanyol akan memiliki dosis vaksin yang cukup untuk memastikan imunisasi seluruh populasinya pada tahun 2021.

Spanyol telah dilanda pandemi parah, menderita hampir 1,6 juta infeksi yang dikonfirmasi - jumlah tertinggi kedua di Uni Eropa setelah Prancis - dan lebih dari 43.000 kematian, meskipun angka itu hanya menghitung mereka yang secara resmi dites positif COVID-19.

(dwia/dwia)