Round-Up

Pandemi Corona Bikin Kemeriahan Pelantikan Biden Tak Sesuai Tradisi

Tim detikcom - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 21:04 WIB
Berharap Berkah dari Kemenangan Joe Biden
Foto: Joe Biden (detik)
Washington DC -

Pelantikan Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden akan terasa berbeda dengan tradisi sebelumnya. Hal ini merupakan imbas dari pandemi Corona.

Seremoni yang jatuh pada tanggal 20 Januari 2021 itu akan digelar dalam versi yang sedikit dikurangi dibandingkan tradisi biasanya.

"Saya pikir itu jelas harus diubah," ucap Kepala Staf Gedung Putih untuk pemerintahan Biden, Ron Klain, merujuk pada seremoni pelantikan, seperti dilansir Reuters, Senin (23/11/2020).

"Jelas, ini tidak akan menjadi jenis pelantikan yang sama seperti yang kita lakukan di masa lalu," imbuhnya.

Biden diserang berulang kali oleh Presiden Donald Trump karena selalu memakai masker dan mempraktikkan langkah-langkah pencegahan Corona selama kampanye pilpres lalu. Trump yang tidak mematuhi pedoman kesehatan yang sama, terinfeksi Corona pada awal Oktober lalu dan tercatat ada sejumlah kasus Corona di kalangan staf Gedung Putih bahkan keluarga kepresidenan AS.

Ditegaskan Klain bahwa Biden dan Wakil Presiden terpilih AS, Kamala Harris, akan terus menekankan praktik aman saat mereka dilantik pada 20 Januari tahun depan. Namun Klain tidak menjelaskan lebih lanjut langkah yang dimaksud.

Seremoni pelantikan Presiden AS biasanya menampilkan momen pengambilan sumpah jabatan dan pidato oleh Presiden yang baru di kompleks Gedung Capitol AS di Washington DC, dengan kerumunan orang memenuhi area National Mall.

Presiden yang baru juga akan makan siang bersama anggota parlemen AS di Gedung Capitol sebelum melakukan parade menuju ke Gedung Putih. Sepanjang parade, biasanya orang-orang berkumpul di tepi jalan untuk menyambut dan menyapa sang Presiden baru AS.

Apa yang dilakukan tim Biden untuk seremoni itu? Silakan klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2