Round-Up

Pandemi Corona Bikin Kemeriahan Pelantikan Biden Tak Sesuai Tradisi

Tim detikcom - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 21:04 WIB
Berharap Berkah dari Kemenangan Joe Biden
Foto: Joe Biden (detik)

Klain menyatakan bahwa tim Biden berkonsultasi dengan para pimpinan House of Representatives (HOR) atau DPR AS dan Senat AS soal berbagai detail dan praktik terbaik untuk pelantikan mendatang.

Dalam wawancara dengan program televisi ABC 'This Week', Klain menyatakan bahwa hasilnya kemungkinan besar adalah 'versi yang dikurangi dari tradisi yang sudah ada'. Dia merujuk pada aksi 'tarian di jalanan' secara spontan yang banyak muncul di AS setelah Biden diproyeksikan menang pilpres AS 2020 pada 7 November lalu.

"Kami tahu orang-orang ingin merayakan. Ada sesuatu di sini untuk dirayakan. Kami hanya ingin mencoba mencari cara untuk melakukannya seaman mungkin," tandas Klain.

Pengumuman Kabinet Biden

Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Joe Biden, akan mengumumkan anggota pertama dalam kabinet pemerintahannya pada Selasa (24/11) besok. Belum diketahui jabatan apa atau siapa menteri pertama yang akan diumumkan oleh Biden.

Seperti dilansir Reuters, Senin (23/11/2020), kabar soal rencana pengumuman anggota kabinet itu disampaikan oleh Kepala Staf Gedung Putih, Ron Klain, yang penunjukannya diumumkan pekan lalu.

"Anda akan melihat pilihan pertama untuk Kabinet pada Selasa (24/11) pekan ini. Tapi jika Anda ingin tahu badan Kabinet apa itu, siapa yang akan berada dalam badan Kabinet itu, Anda harus menunggu Presiden terpilih untuk mengatakannya sendiri pada Selasa," ucap Klain dalam wawancara dengan program televisi ABC 'This Week'.

Biden sebelumnya berjanji untuk membangun pemerintahan yang mencerminkan keberagaman negara. Pekan lalu, dia mengungkapkan dirinya telah memilh sosok yang akan menjabat sebagai Menteri Keuangan (Menkeu) dalam pemerintahannya.

"Kami telah membuat keputusan itu," ucap Biden dalam konferensi pers.

Beberapa kandidat yang masuk dalam daftar posisi Menkeu untuk pemerintahan Biden termasuk mantan Kepala Bank Sentral AS, Janey Yellen, kemudian Gubernur Bank Sentral AS saat ini, Lael Brainard, lalu seorang mantan Gubernur Bank Sentral AS, Sarah Bloom Raskin dan Presiden Bank Sentral Atlanta, Raphael Bostic.

Halaman

(rdp/rdp)