Pria Kulit Hitam Dipukuli hingga Tewas, Ribuan Orang Berdemo di Brasil

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Sabtu, 21 Nov 2020 10:00 WIB
Polisi memukul mundur demonstran di Brasil (AFP Photo)
Foto: Polisi memukul mundur demonstran di Brasil (AFP Photo)
Sao Paulo -

Kematian seorang pria kulit hitam yang dipukuli oleh penjaga keamanan kulit putih di sebuah supermarket memicu protes di seluruh Brasil pada Jumat (20/11). Demonstrasi ini pecah ketika negara itu tengah merayakan Black Consciousness Day.

Dilansir dari AFP, Sabtu (21/11/2020), video insiden pemukulan itu beredar pada Kamis (19/11) malam waktu setempat di kota Porto Alegre. Insiden itu direkam lewat ponsel salah satu saksi mata dan menyebar luas via media sosial dan sampai ke media-media lokal Brasil.

Saat video itu menjadi viral, sekitar 1.000 pengunjuk rasa melakukan aksi protes di Sao Paulo dengan melakukan long-march ke salah satu cabang supermarket yang menjadi lokasi pemukulan itu. Demonstran melempari kaca supermarket dengan batu sebelum menyerbu tempat itu, mengobrak-abrik dan membakar barang-barang di dalamnya, menurut seorang fotografer AFP di tempat kejadian.

Polisi di Porto Alegre menembakkan gas air mata dan mengerahkan granat flash bang untuk membubarkan protes yang terjadi di depan supermarket tempat pemukulan terjadi, menurut televisi lokal.

Aksi protes serupa juga meletus di ibu kota Brasilia, Belo Horizonte dan Rio de Janeiro, di mana kerumunan demonstran mengepung supermarket setempat untuk mencegah pelanggan mencapai kasir.

Video yang beredar di media sosial menunjukkan seorang pria bernama Joao Alberto Silveira Freitas, yang berusia 40 tahun dan berprofesi sebagai tukang las, berulang kali dipukul di bagian wajah dan kepalanya oleh seorang petugas keamanan di supermarket. Satu orang lainnya tampak memegangi tubuh Freitas saat dia dipukuli. Sementara seorang wanita tampak berdiri di samping mereka, sambil merekam pemukulan itu dengan ponselnya.

Polisi militer di negara bagian Rio Grande do Sul mengatakan bahwa Freitas awalnya mengancam seorang pekerja wanita di supermarket tersebut, yang kemudian melapor kepada petugas keamanan setempat.

Lihat juga video 'AS Memanas Lagi Gegara Penembakan Pria Kulit Hitam oleh Polisi':

[Gambas:Video 20detik]



Apa yang terjadi pada Freitas? Silakan klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2