Iran Luncurkan Kapal Perang yang Mampu Angkut Heli-Peluncur Rudal

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 12:47 WIB
In this photo released Thursday, Nov. 19, 2020, by the Iranian Revolutionary Guard, the Guards warship named after slain Guard naval commander Abdollah Roudaki, sails in to the Iranian southern territorial waters. Irans paramilitary Revolutionary Guard said it launched a heavy warship Thursday capable of carrying helicopters, drones and missile launchers amid ongoing tensions with the U.S. (Sepahnews via AP)
Kapal perang Shahid Roudaki milik Garda Revolusi Iran (Sepahnews via AP)
Teheran -

Garda Revolusi Iran menambahkan sebuah kapal perang baru ke dalam armada lautnya di tengah ketegangan dengan Amerika Serikat (AS). Kapal perang terbaru ini disebut memiliki kemampuan mengangkut helikopter tempur, peluncur rudal dan pesawat tak berawak atau drone.

Seperti dilansir Reuters dan Associated Press, Jumat (20/11/2020), peluncuran kapal perang berskala kapal induk ini diumumkan oleh televisi nasional Iran dalam laporannya pada Kamis (19/11) waktu setempat. Kapal perang ini diberi nama Shahid Roudaki, yang diambil dari nama mendiang Komandan Angkatan Laut Garda Revolusi Iran, Abdollah Roudaki.

"Sebuah kapal perang kelas berat, multiguna dan berkemampuan jarak jauh yang mampu membawa segala jenis pesawat tempur, drone, rudal dan sistem rudal," klaim televisi nasional Iran soal kapal perang terbaru itu.

"Kapal perang Shahid Roudaki milik Iran merupakan kota terapung bergerak yang mampu menjalani misi kelautan," imbuh televisi nasional Iran dalam laporannya.

Sejumlah foto kapal perang itu menunjukkan kemampuannya membawa sejumlah helikopter tempur, kemudian beberapa rudal darat-ke-darat yang diluncurkan dari truk dan rudal anti-pesawat. Kapal itu juga mampu membawa empat kapal cepat yang biasa dipakai Garda Revolusi Iran saat patroli di Teluk Persia.

Senapan mesin juga terlihat terpasang di dek kapal perang itu. Kapal perang Iran ini tidak memiliki landasan pacu, namun memiliki landasan untuk pendaratan helikopter.

Komandan Angkatan Laut Garda Revolusi Iran, Ali Reza Tangsiri, menuturkan bahwa kapal perang ini akan memberikan keamanan bagi 'jalur transportasi laut, kapal tanker minyak, armada komersial dan penangkapan ikan di lautan lepas'.

Selanjutnya
Halaman
1 2