Banjir Besar Melanda Ibu Kota Filipina, Satu Orang Tewas

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 12 Nov 2020 14:32 WIB
Banjir di Manila, Filipina (AFP Photo)
Foto: Banjir di Manila, Filipina (AFP Photo)
Manila -

Topan ketiga yang melanda Filipina dalam beberapa minggu terakhir ini menyebabkan banjir besar di Manila, ibu kota Filipina pada hari Kamis (12/11/2020). Banjir ini membuat orang-orang terjebak di atap-atap rumahnya. Bencana ini juga merenggut satu nyawa di bagian lain negara itu.

Dilansir AFP, Kamis (12/11), pihak berwenang memperingatkan soal ancaman tanah longsor dan potensi gelombang badai yang mematikan di sepanjang pantai.

Hujan deras secara efektif merendam Manila yang berpenduduk 12 juta orang dan daerah sekitarnya.

"Banyak tempat terendam. Banyak orang berteriak minta tolong," kata Rouel Santos (53) pensiunan petugas bencana di provinsi Rizal, di sebelah ibu kota.

Santos mengatakan banjir yang disebabkan oleh Topan Vamco ini membawa kembali ingatan akan Topan Ketsana yang dahsyat, yang dikenal di Filipina sebagai Badai Tropis Ondoy. Badai itu melanda tahun 2009 dan merenggut ratusan nyawa.

Seorang pejabat dari Kantor Pertahanan Sipil negara itu mengatakan curah hujan yang ditimbulkan oleh Vamco sejauh ini "mendekati volume" selama Ondoy, memperingatkan bahwa banjir dapat memburuk karena limpasan dari pegunungan di dekatnya mengalir ke saluran air yang sudah penuh.

Personel Palang Merah Filipina menggunakan perahu untuk menyelamatkan orang-orang yang terdampar di rumah mereka di Kota Marikina, salah satu daerah yang paling terpukul di ibu kota. Di sana, air di beberapa jalan mencapai ketinggian setinggi bahu.

Simak juga video 'Belum Pulih Akibat Topan Goni, Filipina Kini Diterjang Topan Vamco':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2