Trump Unggul dari Biden di Alaska, Raih Tambahan 3 Electoral Votes

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Kamis, 12 Nov 2020 07:14 WIB
Apa yang Terjadi Bila Donald Trump Kalah Dalam Pilpres Amerika Serikat?
Donald Trump (Foto: ABC Australia)
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memenangi penghitungan suara di Alaska, salah satu negara bagian yang menjadi perebutan terakhir Trump dan Joe Biden. Trump mengalahkan Biden, pesaingnya yang kini menjadi Presiden terpilih AS, berdasarkan proyeksi Edison Research.

Dilansir Reuters, Kamis (12/11/2020), Trump yang berasal dari Partai Republik belum mengakui hasil penghitungan suara pemilihan Presiden empat hari setelah Edison Research mengatakan Biden telah melampaui 270 suara elektoral yang diperlukan untuk merebut kursi kepresidenan.

Sementara itu, berdasarkan hasil penghitungan Fox News, Donald Trump yang memenangi Alaska meraup 148.642 suara atau 56,9 persen dari total suara keseluruhan di Alaska. Sementara Joe Biden meraih 102.080 suara atau 39,1 persen.

Meski Trump unggul jauh, namun kemenangannya di Alaska hanya memberinya tambahan tiga electoral votes. Tambahan dari Alaska membuat perolehan electoral votes Trump menjadi 217. Hasil itu diyakini tidak akan mengubah hasil Pilpres AS yang telah memenangkan Joe Biden.

Seperti diketahui, Joe Biden akhirnya memenangkan pemilihan Presiden AS 2020. Biden menang usai meraup 290 electoral votes, menyusul kemenangan tipisnya di negara bagian Pennsylvania.

Seperti dilansir Fox News, Sabtu (7/11), data penghitungan teranyar dari Fox News menunjukkan Biden menang atas petahana Donald Trump di Pennsylvania dengan meraih 49,7 persen suara, dengan Trump meraup 49,2 persen suara.

Biden dipastikan memenangi pilpres setelah dia diproyeksikan menang di Pennsylvania, yang memiliki 20 electoral votes. Biden juga diproyeksikan menang di Nevada, yang memiliki 6 electoral votes. Dengan tambahan 26 electoral votes dari dua negara bagian itu, maka Biden telah meraup 290 electoral votes sedangkan pesaingnya, Donald Trump baru meraup 214 electoral votes.

Jumlah itu telah melampaui ambang batas 270 electoral votes yang diperlukan -- dari total 538 electoral votes -- untuk bisa memenangkan pilpres AS.

Sebelumnya, ada lima negara bagian yang menjadi perebutan terakhir Biden dan Trump. Kelima negara bagian itu adalah: Nevada (6 electoral votes), Alaska (3 electoral votes), Georgia (16 electoral votes), North Carolina (15 electoral votes), dan Pennsylvania (20 electoral votes).

(azr/aik)