Pilpres AS di Tengah Pandemi, Puluhan Petugas Pemilu Jalani Isolasi Mandiri

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Senin, 09 Nov 2020 00:40 WIB
Sejak perhitungan suara pemilihan Presiden dan Wapres AS 2020 dimulai, ada saja cerita uniknya. Salah satunya adalah klaim kemenangan.
Ilustrasi Pilpres AS (Foto: AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Tak hanya itu, seorang petugas pemilu di New Haven, Connecticut, juga dinyatakan positif Corona. Hasil itu membuat 12 anggota staf kantor penitera kota melakukan karantina mandiri selama dua minggu.

Direktur Kesehatan Masyarakat Kota Maritza Bond mengatakan bahwa petugas tersebut telah 'menunjukkan gejala awal' COVID-19 pekan lalu dan belum kembali bekerja sejak saat itu. Petugas itu juga menerima hasil positif di Hari Pemilihan.

"Fasilitas telah dibersihkan dan didisinfeksi untuk memastikan bahwa kami dapat mengurangi penyebaran COVID-19," ujarnya.

Di California, pencatat pemilih, Melinda Dubroff, mengumumkan lebih awal bahwa seorang pekerja yang menjadi staf pusat pemungutan suara telah dinyatakan terpapar Corona. Kasus itu menyebabkan 16 petugas lain melakukan isolasi mandiri dan mengakibatkan adanya pembersihan fasilitas secara menyeluruh hingga adanya petugas pemilu yang baru bertugas.

Dubroff mengatakan pelacakan kontak sedang dilakukan untuk sekitar 50 orang yang telah menyerahkan surat suara di tempat tersebut pada hari-hari sebelum petugas itu dinyatakan positif Corona. Selain itu, pelacakan juga dilakukan terhadap 200 orang yang telah memberikan suaranya secara langsung di lokasi tersebut.

Halaman

(azr/azr)