Pilpres AS 2020

Saat Pendukung Simak Pidato Kemenangan Biden dari Mobil, Klakson Bersahutan

Eva Safitri - detikNews
Minggu, 08 Nov 2020 11:26 WIB
Jakarta -

Suasana deklarasi kemenangan Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden dan wakilnya Kamala Harris berlangsung pecah. Para pendukung Biden menyaksikan langsung pidato kemenangan Biden-Harris.

Pidato kemenangan itu dilakukan di Chase Center, Delaware, Amerika Serikat pada Sabtu (7/11/2020) malam waktu setempat. Dalam siaran langsung di televisi setempat, terlihat ribuan pendukung Biden memenuhi lapangan Chase Center.

Pendukung menyaksikan langsung deklarasi secara drive true atau berada di dalam mobil. Namun, sebagian juga ada yang turun di dari mobil dan berdiri di depan panggung di mana Biden-Harris berpidato.

Mereka semua tampak mengenakan masker dan memegang bendera. Dilansir CNN, Minggu (8/11/2020), para pendukung ini patuh menggunakan masker selama acara berlangsung sesuai dengan yang dikampanyekan Biden dalam kampanye.

Suasana berlangsung pecah saat Biden berpidato. Para mendukung terus berteriak, bernyanyi, menari dan mengibarkan bendera bahkan pengemudi membunyikan klakson untuk menandai kemenangannya dan akhir dari Kepresidenan Trump.

Deklarasi kemenangan dibuka oleh wakil presiden terpilih Kamala Harris. Dia menyampaikan sejumlah topik. Harris mengatakan dirinya adalah perempuan kulit hitam pertama yang menduduki gedung putih, meski demikian dia berharap bukan menjadi yang terakhir.

"Meskipun saya mungkin wanita pertama di kantor ini, saya tidak akan menjadi yang terakhir. Karena setiap gadis kecil yang menonton malam ini melihat bahwa ini adalah negara yang penuh peluang dan bagi anak-anak terlepas dari jenis kelamin Anda, negara kami telah mengirimkan pesan yang jelas: Bermimpilah dengan ambisi, pimpin dengan keyakinan," kata Harris dalam pidatonya, Minggu (8/11/2020).

Pidato kemudian dilanjutkan oleh Biden. Saat Harris menghadirkan Biden, teriak penonton ramai bersorak. Perayaan kemenangan pun tampak pecah dengan teriakan itu. Biden juga menyampaikan sejumlah hal, terpenting adalah dia menyerukan persatuan dan mengajak pendukung Trump untuk bersatu.

"Saya berjanji menjadi presiden yang tidak mencari perpecahan tapi menjunjung persatuan," kata Biden seperti dilansir CNN, Minggu (8/11/2020).

"Sekarang untuk Anda semua yang memilih Presiden Trump, saya memahami kekecewaan Anda malam ini. Saya sendiri telah kehilangan beberapa kali, tapi sekarang mari saling memberi kesempatan," lanjut Biden.

Pidato ditutup Biden dengan mengutip lagu Katolik berjudul 'On Eagles Wings'. Dia berharap lagu itu dapat menjadi penghiburan bagi warga AS yang kehilangan keluarga karena virus Corona.

Di penghujung acara, kembang api pun dinyalakan dan menerangi langit Chase Center. Lagu "Sky Full of Stars" oleh Coldplay pun diputar mengiringi acara kembang api tersebut. Para pendukung Biden pun berteriak dan melambaikan bendera AS kala itu.

Di saat yang bersamaan tampak keluarga Biden dan Harris pun naik ke atas panggung. Mereka berpelukan satu sama lain.

Ribuan pendukung Biden turun ke jalan di beberapa negara bagian merayakan kemenangan, simak berita selengkapnya.