Pilpres AS 2020

Keunggulan Trump di Georgia Menyusut, Selisih Suara dengan Biden Makin Kecil

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 08:40 WIB
Trump Klaim Kemenangan Usai Rivalnya Biden Suarakan Optimisme
Donald Trump (DW)
Georgia -

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, unggul sementara atas penantangnya, Joe Biden, capres Partai Demokrat, di negara bagian Georgia yang masih melakukan penghitungan. Namun, keunggulan Trump di negara bagian ini dilaporkan menyusut, di mana selisih perolehan suaranya dengan Biden menjadi hanya 47 ribu suara.

Seperti dilansir CNN, Kamis (5/11/2020), proses penghitungan suara masih terus berlangsung di Fulton County -- lokasi kota Atlanta, ibu kota negara bagian Georgia -- hingga kini. Trump unggul atas Biden di distrik ini, namun keunggulannya dilaporkan terus menyusut.

"Keunggulan Trump telah menyusut jadi 47 ribu suara. Trump memperoleh 49,9 persen. Biden memperoleh 48,9 persen. Georgia, 16 electoral votes, sekarang turun menjadi 47.111 suara (selisih kedua capres-red), semakin kecil dan semakin kecil keunggulannya, dan kami menunggu sekarang, bersiap untuk sejumlah besar angka baru yang masuk," ucap wartawan senior CNN, Wolf Blitzer.

Ditambahkan oleh kepala koresponden nasional CNN, John King, bahwa terlepas dari apa yang mungkin dipikirkan Trump, tidak ada 'hal-hal jahat' yang terjadi dalam proses penghitungan suara di negara bagian tersebut, khususnya di Fulton County.

"Partai Republik dan Partai Demokrat dan independen di setiap wilayah Amerika, red state, blue state tengah menghitung suara," ucap King.

"Di distrik-distrik yang didominasi Demokrat, distrik yang padat penduduk, Altanta, Fulton County, 10 persen suara dari seluruh negara bagian, akan drilis dari satu distrik ini, kita akan mendapatkan lebih banyak suara hari ini," imbuhnya.

Diketahui bahwa masih ada lima negara bagian -- Alaska, Nevada, Georgia, North Carolina dan Pennsylvania -- yang belum menyelesaikan penghitungan suara.

Tonton video 'Mengincar 270 Suara Electoral College di Pilpres AS':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)