International Updates

Penusukan di Prancis Tewaskan 3 Orang, Jet Tempur Taiwan Jatuh ke Laut

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 20:13 WIB
Aksi penusukan terjadi di sebuah gereja di Kota Nice, Prancis, menewaskan tiga orang. Aksi itu terjadi di area gereja basilika Notre-Dame.
aksi penusukan terjadi di kota Nice, Prancis (Foto: AP Photo/Daniel Cole)
Jakarta -

Seorang penyerang bersenjata pisau melancarkan serangan di sebuah gereja di kota Nice, Prancis. Setidaknya tiga orang tewas dan beberapa orang lainnya luka-luka dalam peristiwa itu.

Wali Kota Christian Estrosi menyebut insiden itu sebagai "terorisme". Dia menuliskan di Twitter bahwa serangan pisau itu terjadi di gereja Notre Dame pada Kamis (29/10) pagi waktu setempat. Dilaporkan bahwa polisi telah menahan penyerang.

"Saya dapat mengkonfirmasi bahwa semuanya membuat kami berpikir ini adalah serangan teror di Notre-Dame Basilica," demikian cuitan Estrosi seperti dilansir The Guardian, Kamis (29/10/2020).

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Kamis (29/10/2020):

- PBB Kecam Kartun Nabi Muhammad, Serukan Saling Menghormati

Kepala badan anti-ekstremisme Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyampaikan "keprihatinan mendalam" akan meningkatnya ketegangan atas kartun Nabi Muhammad. Pejabat tinggi PBB tersebut menyerukan "saling menghormati" antara orang-orang yang berbeda agama dan pandangan politik.

Pernyataan Miguel Angel Moratinos - yang mengepalai Aliansi Peradaban Perserikatan Bangsa-Bangsa - disampaikan menyusul kemarahan yang meningkat di dunia Muslim atas tanggapan Prancis terhadap pemenggalan kepala seorang guru, yang telah menunjukkan kartun Nabi Muhammad kepada murid-muridnya sebagai bagian dari pelajaran tentang kebebasan berekspresi.

Presiden Prancis Emmanuel Macron telah membela penerbitan kartun Nabi Muhammad dengan alasan kebebasan berekspresi. Hal ini memicu aksi-aksi protes dan kemarahan di seluruh dunia Muslim dan kampanye untuk memboikot produk-produk Prancis.

- Philadelphia Membara Usai Penembakan Pria Kulit Hitam, Ini Kata Trump

Penembakan mati pria kulit hitam oleh polisi Amerika Serikat kembali terjadi. Penembakan itu telah memicu aksi demonstrasi dan kerusuhan di kota Philadelphia, kota terbesar di negara bagian Pennsylvania, yang dipandang sebagai kunci untuk memenangkan pemilihan presiden AS pada November mendatang.

Selanjutnya
Halaman
1 2