Gegara Corona, 193 Bandara di Eropa Berisiko Bangkrut

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 00:09 WIB
Wide-angle view of a modern aircraft gaining the altitude outside the glass window facade of a contemporary waiting hall with multiple rows of seats and reflections indoors of an airport terminal El Prat in Barcelona
ilustrasi bandara (Foto: iStock)
London -

Hampir 200 bandara di benua Eropa berisiko bangkrut dalam beberapa bulan mendatang. Hal ini disebut-sebut karena dampak lockdown yang diterapkan sejumlah negara untuk menahan laju penyebaran virus Corona.

Dilansir dari AFP, Dewan Bandara Internasional (ACI) Eropa menyebutkan 193 bandara yang diprediksi bangkrut adalah bandara regional yang melayani penerbangan masyarakat lokal.

"Ancaman penutupan bandara berarti Eropa menghadapi prospek jatuhnya bagian penting dari sistem transportasi udaranya, kecuali pemerintah bertindak untuk memberikan dukungan yang diperlukan," pernyataan ACI, Rabu (27/10/2020).

Sejumlah negara di Eropa telah bertindak dengan memberikan sejumlah bantuan khusus terhadap maskapai penerbangan masing-masing. Data ACI, menunjukan jumlah penerbangan turun 75 persen sejak pertengahan Oktober.

Sejumlah maskapai penerbangan dan bandara dilaporkan kesulitan menanggung biaya operasional.

(isa/isa)