Kepala Staf Gedung Putih: Kita Tak Akan Bisa Kendalikan Pandemi

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 14:54 WIB
Kepala Staf Gedung Putih Mark Meadows  (AP Photo)
Foto: Kepala Staf Gedung Putih Mark Meadows (AP Photo)
Washington DC -

Kepala staf Gedung Putih Mark Meadows mengatakan bahwa Amerika Serikat (AS) tidak akan bisa "mengendalikan pandemi Corona". Ucapan itu dilontarkan di tengah lonjakan kasus COVID-19 di seluruh negeri dan kasus-kasus baru di Gedung Putih.

Dilansir Channel News Asia dan CNN, Senin (26/10/2020) AS telah melihat jumlah kasus COVID-19 baru tertinggi dalam dua hari terakhir.

AS melaporkan 79.852 kasus baru pada hari Sabtu (24/10) waktu setempat, mendekati rekor hari sebelumnya yakni 84.244 kasus baru. Rawat inap juga meningkat dan telah mencapai level tertinggi dalam dua bulan dan angka kematian cenderung meningkat, menurut penghitungan Reuters.

Dalam wawancara dengan CNN, Meadows mengakui bahwa "kita tidak akan mengendalikan pandemi", yang menurutnya hanya dapat dilakukan melalui "vaksin, terapi, dan area mitigasi lainnya".

Ketika didesak mengapa pemerintah tidak bisa mengendalikan virus Corona, dia menjawab, "Karena itu adalah virus yang menular seperti flu."

Namun kemudian dia menambahkan, "Kita sedang berusaha untuk mengendalikannya."

Pasangan capres Demokrat Joe Biden, Kamala Harris turut mengomentari pernyataan Meadows. "Mereka mengakui kekalahan, dan saya telah mengatakan itu, dan Joe Biden telah mengatakan itu sejak awal," tutur Harris.

Selanjutnya
Halaman
1 2