Kepala Staf dan Penasihatnya Positif Corona, Wapres AS Tetap Berkampanye

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 12:23 WIB
Vice President Mike Pence listens to Democratic vice presidential candidate Sen. Kamala Harris, D-Calif., during the vice presidential debate Wednesday, Oct. 7, 2020, at Kingsbury Hall on the campus of the University of Utah in Salt Lake City. (AP Photo/Patrick Semansky)
Foto: Wapres AS Mike Pence tetap berkampanye meskipun kepala stafnya terinfeksi Corona ( AP Photo/Patrick Semansky)
Washington DC -

Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence terus berkampanye meskipun kepala stafnya dinyatakan positif Corona. Sikap Mike Pence ini dipertanyakan oleh pakar kebijakan kesehatan.

Dilansir Associated Press (AP), Senin (26/10/2020) seorang ajudan Pence mengatakan Minggu (25/10) bahwa wakil presiden AS itu akan terus bekerja dan bepergian, termasuk untuk berkampanye, setelah kepala stafnya dan beberapa kontak dekat lainnya dinyatakan positif Corona. Pence dinyatakan negatif pada hari Minggu (25/10) dan memutuskan untuk terus bepergian usai berkonsultasi dengan personel medis Gedung Putih, kata para pembantunya.

Kepala staf Pence, Marc Short, termasuk di antara mereka yang dinyatakan positif Corona. Presiden Donald Trump pada Minggu (25/10) pagi mengatakan bahwa Short sedang dikarantina.

Pence mengadakan kampanye hari Minggu (25/10) di Carolina Utara, menghadiri acara di Minnesota dan Pennsylvania pada hari Senin (26/10) dan acara lainnya di Carolina Utara dan Carolina Selatan pada hari Selasa (27/10). Angka terbaru menunjukkan kasus COVID-19 meningkat di 75% negara tersebut.

Penasihat Keamanan Nasional Robert O'Brien mengatakan kepada wartawan bahwa Pence "mengikuti semua aturan" dari pejabat kesehatan federal. Dia menyebut Pence "seorang pekerja penting" dan berkata, "pekerja esensial yang pergi keluar dan berkampanye dan memberikan suara sama pentingnya dengan hal-hal yang dapat kita lakukan seperti orang Amerika."

Namun, pedoman tentang 'pekerja penting' dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) ditujukan untuk orang-orang seperti polisi, pekerja medis dan pekerja transportasi dan makanan.

Selanjutnya
Halaman
1 2