Selain Kepala Staf, 4 Penasihat dan Ajudan Wapres AS Juga Positif Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 11:49 WIB
Vice President Mike Pence speaks on the third day of the Republican National Convention at Fort McHenry National Monument and Historic Shrine in Baltimore, Wednesday, Aug. 26, 2020. (AP Photo/Andrew Harnik)
Mike Pence (dok. AP Photo/Andrew Harnik)
Washington DC -

Setidaknya lima orang dalam lingkaran dalam Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Mike Pence, dinyatakan positif virus Corona (COVID-19) dalam beberapa hari terakhir. Namun pihak kantor Wapres AS dan Kepala Staf Gedung Putih dilaporkan terkesan menutup-nutupi kondisi mereka.

Seperti dilansir CNN, Senin (26/10/2020), kelima orang itu terdiri atas Kepala Staf Wapres, Marc Short, seorang ajudan dekat bernama Zach Bauer dan penasihat senior bernama Marty Obst. Dua orang lainnya yang tidak diketahui identitasnya dilaporkan merupakan staf kantor Wapres AS.

Dituturkan seorang sumber kepada CNN bahwa ada kekhawatiran lebih banyak orang dalam lingkaran Pence akan dinyatakan positif Corona dalam beberapa hari ke depan. "Mereka takut," tutur sumber tersebut, merujuk pada para staf di kantor Wapres AS.

Kantor Wapres AS mengumumkan pada Sabtu (24/10) malam bahwa Short telah dinyatakan positif Corona dan tengah menjalani karantina. Disebutkan juga bahwa Pence dan istrinya, Karen, telah menjalani tes terbaru dan dinyatakan negatif Corona pada Minggu (25/10) waktu setempat.

Meskipun melakukan kontak dekat dengan Short dan beberapa staf yang positif Corona, Pence tidak akan dikarantina dan akan tetap melanjutkan kampanye.

"Meskipun Wakil Presiden Pence dianggap sebagai kontak dekat Short, dalam konsultasi dengan Unit Medis Gedung Putih, Wakil Presiden akan melanjutkan jadwalnya dengan mematuhi panduan CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit) untuk personel esensial," demikian pernyataan Kantor Wapres AS.

Sejumlah sumber lainnya menuturkan kepada CNN bahwa Obst yang menjabat penasihat politik senior untuk Pence dan tiga staf lainnya di kantor Wapres AS juga dinyatakan positif Corona. Menurut seorang sumber, Obst dinyatakan positif Corona sejak awal pekan lalu.

Dua sumber yang memahami situasi ini menyatakan kepada CNN bahwa Gedung Putih tidak mengungkapkan atau mengonfirmasi soal kondisi Obst yang positif Corona sejak beberapa hari lalu. Padahal Obst diketahui sempat mendampingi Pence dalam aktivitasnya.

Tonton juga video 'Corona Melonjak, Spanyol Darurat Nasional Kedua Kalinya':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2