International Updates

Sudan-Israel Akan Normalisasi Hubungan, Wali Kota Prancis Diancam Dipenggal

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 24 Okt 2020 16:37 WIB
(COMBO) This combination of pictures created on October 24, 2020 shows (L to R) Israeli Prime Minister Benjamin Netanyahu during a cabinet meeting in Jerusalem on July 29, 2018; and Sudans Prime Minister Abdullah Hamduk during a meeting in the capital Khartoum on July 26, 2020. - Sudan and Israel agreed on Otober 23 to normalise relations, in a US-brokered deal to end decades of hostility that was widely welcomed but stirred Palestinian anger. The announcement makes Sudan, technically at war with Israel since its 1948 foundation, the fifth Arab country to forge diplomatic relations with the Jewish state. (Photos by Sebastian Scheiner and ASHRAF SHAZLY / various sources / AFP)
PM Israel, Benjamin Netanyahu dan PM Sudan, Abdalla Hamdok (AFP/ASHRAF SHAZLY)

- Setelah Sudan, Trump Harap Arab Saudi Jalin Hubungan dengan Israel

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengharapkan Arab Saudi akan segera menjalin hubungan dengan Israel. Hal ini disampaikan Trump setelah pengumuman rencana normalisasi hubungan antara Sudan dan Israel disampaikan ke publik pada Jumat (23/10) waktu setempat.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (24/10/2020), Trump saat berbicara dengan wartawan di Gedung Putih menyebut sedikitnya lima negara Arab lainnya ingin bergabung dengan pakta diplomatik yang dicetuskan pemerintahan Trump.

"Kita mendapati setidaknya lima negara yang ingin bergabung," sebut Trump kepada wartawan.

"Kita mengharapkan Arab Saudi akan menjadi salah satu dari negara-negara itu," cetus Trump, sembari memuji Raja Salman dan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman yang disebutnya 'sangat dihormati'.

- Cetak Rekor Baru, AS Catat Nyaris 80 Ribu Kasus Corona Sehari

Amerika Serikat (AS) melaporkan nyaris 80 ribu kasus virus Corona (COVID-19) dalam sehari di wilayahnya. Angka ini mencetak rekor terbaru untuk tambahan kasus harian tertinggi selama pandemi Corona merajalela di negara tersebut.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (24/10/2020), data penghitungan Johns Hopkins University (JHU) melaporkan 79.963 kasus Corona tercatat selama 24 jam terakhir -- tepatnya antara Kamis (22/10) pukul 20.30 waktu setempat hingga waktu yang sama pada Jumat (23/10) waktu setempat.

Angka tersebut mencetak rekor tertinggi untuk tambahan kasus harian di AS. Menurut laporan Reuters, rekor tertinggi sebelumnya dicetak AS pada 16 Juli lalu, dengan 77.299 kasus dalam sehari.

Dengan lonjakan tersebut, total kasus Corona di AS sejauh ini nyaris mencapai 8,5 juta kasus. Data penghitungan JHU secara spesifik menyebut total 8.484.991 kasus Corona terkonfirmasi di AS.

- Usai Pemenggalan Guru, Wali Kota Prancis Diancam Akan Dipenggal

Seorang Wali Kota di wilayah Prancis menerima sejumlah ancaman yang menyatakan kepalanya akan dipenggal. Ancaman itu diterima sekitar sepekan setelah seorang guru sejarah bernama Samuel Paty tewas dipenggal oleh seorang pemuda 18 tahun.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (24/10/2020), Wali Kota Bron, Jeremie Breaud, menuturkan bahwa beberapa ancaman disampaikan dalam bentuk coretan grafiti. Via Twitter, dia memposting foto yang menunjukkan grafiti di sebuah tembok di kota Bron yang berbunyi: "Jeremy Breaud, kami akan memenggal kepala Anda."

"Ancaman-ancaman ini harus ditangani secara serius," ucap Breaud kepada media lokal, BFM TV.

Tidak diketahui secara jelas motif di balik ancaman tersebut. Pihak kepolisian setempat tengah menyelidiki ancaman tersebut dan mencari tahu dalangnya.

Halaman

(nvc/nvc)