Debat Capres AS

Trump Sebut Udara di China dan India Kotor

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 10:28 WIB
Democratic presidential candidate former Vice President Joe Biden points toward President Donald Trump during the second and final presidential debate Thursday, Oct. 22, 2020, at Belmont University in Nashville, Tenn. (AP Photo/Morry Gash, Pool)
Foto: AP/Morry Gash
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyebut udara di India dan China "kotor" saat ia mengecam rencana pesaingnya dari Demokrat, Joe Biden untuk mengatasi perubahan iklim.

Pada debat capres dan terakhir mereka, Trump kembali melontarkan kritiknya bahwa tindakan terhadap perubahan iklim tidak adil bagi Amerika Serikat.

"Lihat China, betapa kotornya itu. Lihatlah Rusia, lihat India - itu kotor. Udaranya kotor," kata Trump pada debat di Nashville seperti dilansir AFP, Jumat (23/10/2020).

Trump menuduh bahwa rencana iklim Biden adalah "bencana ekonomi" bagi negara-negara bagian penghasil minyak seperti Texas dan Oklahoma.

Biden mengatakan bahwa perubahan iklim adalah "ancaman eksistensial bagi umat manusia. Kita memiliki kewajiban moral untuk menghadapinya."

Diketahui bahwa Trump telah menarik Amerika Serikat keluar dari kesepakatan iklim Paris, yang bertujuan untuk membatasi pemanasan global "jauh di bawah" dua derajat Celcius.

Pernyataan Trump ini disampaikan beberapa hari sebelum Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan Menteri Pertahanan Mark Esper akan mengunjungi New Delhi, India untuk pembicaraan tentang membangun kemitraan AS-India yang berkembang.

Sebelumnya pada debat capres pertama, Trump juga berbicara kritis tentang India, mempertanyakan rendahnya jumlah kematian karena virus Corona di negara itu.

(ita/ita)