Australia Selidiki Transfer Dana Vatikan dalam Kasus Pelecehan Seks Pastor

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 13:24 WIB
Kardinal George Pell Boleh Ajukan Banding Ke Pengadilan Tinggi Australia
George Pell (ABC Australia)
Victoria -

Kepolisian Australia tengah menyelidiki tuduhan yang menyebut sejumlah besar uang telah ditransfer dari Vatikan ke Australia oleh seorang rival Kardinal George Pell, yang terjerat kasus pelecehan seksual anak. Uang itu ditransfer disebut demi membantu menghukum Pell atas tindak pelecehan seksual anak.

Seperti dilansir AFP, Kamis (22/10/2020), laporan surat kabar Italia bernama Corriere della Sera menyebut dana sebesar 700 ribu Euro (Rp 12 miliar) ditransfer ke Australia untuk mengamankan saksi-saksi yang memberatkan Pell dalam persidangan kasusnya.

Seorang juru bicara Kepolisian Federal Australia (AFP) menuturkan bahwa aspek yang terkait dengan tuduhan itu telah diteruskan kepada badan pengawas antikorupsi di negara bagian Victoria, tempat Pell bekerja.

Corriere della sera melaporkan pada bulan ini bahwa rival Pell di Vatikan, Giovanni Angelo Becciu, diduga berada di balik plot untuk mencemarkan nama baik Pell. Becciu telah membantah laporan itu.

Becciu yang sebelumnya menjabat orang nomor 2 di Sekretariat Negara Vatikan itu telah dipecat oleh Paus Fransiskus bulan lalu, menyusul tuduhan penggelapan dan nepotisme.

Tidak diketahui secara jelas dari laporan itu soal siapa yang diuntungkan dari pembayaran sejumlah dana itu.

Lihat juga video 'Rentenir di Pacitan Setubuhi Anak Di Bawah Umur':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2